Sempat Dikira Pelihara Tuyul, Kiai Asep Ubah Hutan Angker Jadi Pesantren Bertaraf Internasional

Selasa, 23 Agustus 2022 - 19:03 WIB
loading...
A A A
Baca juga: Mahasiswa UGM Sulap Styrofoam Bekas Jadi Penyerap Limbah Laundry

Kini, Pesantren Amanatul Ummah memiliki puluhan ribu santri yang setelah lulus diterima di perguruan tinggi favorit dalam dan luar negeri.

"Menurut saya, penilaian itu dari kualitasnya. Anak-anak kami tidak sulit diterima di ITB, UI, Unair bahkan ke Jerman, Rusia hingga Cina," kata Kiai Asep.

Pesatnya kemajuan pesantren yang didirikan Kiai Asep, ternyata tak hanya mengundang apresiasi namun juga cibiran berbagai pihak. Kiai Asep mengaku mendapat banyak tuduhan negatif. Bahkan sampai dikira memelihara tuyul.

"Selalu ada pertanyaan dari mana uangnya? Ada yang bilang barangkali Kiai Asep dapat kucuran dari Bank Century. Belakangan ada yang mengatakan, mungkin Kiai Asep punya percetakan uang palsu. Karena pesantrennya berada di hutan. Terakhir ada yang mengatakan berapa tuyul yang dimiliki Kiai Asep," tutur Kiai Asep.

Lantas apa rahasia Kiai Asep bisa memajukan pesantrennya? Kiai Asep mengaku, bekalnya hanya tawakal sehingga berbagai ikhtiar serta usaha yang dilakukan bisa menghasilkan profit miliaran rupiah.

"Tawakal itu tentu terdiri dari ikhtiar dan doa maksimal. Setiap hari sebelum subuh saya selalu shalat hajat dan berdoa setidaknya 20 menit dalam sujud," pungkas Kiai Asep.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2164 seconds (0.1#10.140)