Siswa, Ini 10 Tips Maksimalkan Waktu Belajar selama Ujian

Sabtu, 03 September 2022 - 17:11 WIB
loading...
A A A
Agar waktu belajar bisa berjalan lebih efektif, kalian juga bisa membuat skala prioritas. Caranya, urutkan hal-hal yang perlu dikerjakan dari yang paling penting. Misalnya, dalam belajar untuk menghadapi ulangan Matematika. Kamu pasti sudah mendapatkan kisi-kisi, materi/topik apa saja yang akan dikeluarkan di ujian nanti kan. Dari sini, bisa diurutkan terlebih dulu materi apa saja yang belum dikuasai untuk lebih dulu dipelajari.

4. Beri jeda

Setelah 30 menit kamu fokus belajar, ambil istirahat sejenak dengan melakukan kegiatan lainnya yang menyegarkan daya ingat. Misalnya dengan membaca satu bab dari novel favorit yang belum selesai dibaca atau bernyanyi. Menyerap informasi separuh demi separuh, lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan menyerap seluruhnya secara langsung. Agar kamu dapat memaksimalkan kinerja otak di 30 menit selanjutnya, istirahat sejenak ini pasti sangat berguna.

Baca juga: Siswa, Siapkan Diri Ikut ANBK dengan 4 Strategi Ini

5. Pasang timer saat mengerjakan tugas atau soal sulit

Ketika menghadapi deadline tugas atau soal tertentu yang cukup sulit, kalian pasti sibuk memusingkan bagaimana menyelesaikannya dalam sisa waktu yang tersedia. Pasanglah timer selama 30 menit untuk kamu secara khusus mengerjakan tugas dan soal tersebut.

6. Atur waktu

Daripada semalam suntuk mempelajari satu mata pelajaran penuh, sebaiknya bagi ke dalam beberapa bagian di waktu yang berbeda. Misalnya, di malam hari habiskan waktu dua jam saja, termasuk jeda di antara 30 menitnya dan di siang hari kalian lakukan yang sama. Manfaatkan waktu tersebut untuk memberikan nutrisi lainnnya untuk tubuhmu dengan tidur yang cukup, dan makan makanan yang bergizi.

7. Belajar di meja belajar

Memang, duduk di kasur dengan sebuah meja lipat di pangkuanmu terasa lebih nyaman. Namun kenyamanan yang ‘berlebihan’ tersebut justru akan membaurkan daya fokus ketika belajar. Gunakan tempat tidurmu hanya untuk beristirahat dan manfaatkan meja belajarmu ya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2095 seconds (11.252#12.26)