Rumus Kimia Air Murni Serta Penemu Komposisi H2O, Cek Faktanya!

Minggu, 04 September 2022 - 16:12 WIB
loading...
A A A
Dalam struktur molekul air, dua atom hidrogen mempunyai karakteristik berupa pasangan elektron dalam satu atom oksigen. Elektron valensi atom oksigen dalam ikatan ini jauh lebih kuat dibandingkan dengan atom hidrogen.

Hal ini menyebabkan ketidakstabilan elektron pada pada kedua atom tersebut. Untuk menstabilkannya kedua elektron maka harus direaksikan dan membentuk struktur lewis berupa ikatan kovalen tunggal.

Daya tarik atom oksigen (O) lebih besar dari gaya tarik dari atom hidrogen (H) menimbulkan momen dipol. Momen dipol yang timbul ini menyebabkan adanya gaya tarik menarik listrik antar molekul air.

Oleh sebab itu, molekul air cenderung berdekatan dan susah untuk dipisahkan. Sehingga menyebabkan titik didih air cukup tinggi. Sementara rumus molekul air adalah H2O.

Antoine-Laurent de Lavoisier merupakan orang yang bertanggung jawab memberikan nama untuk oksigen pada 1774. Kata oksigen sendiri terdiri dari 2 kata Yunani yakni oxus yang berarti asam dan gennan yang berarti menghasilkan.

Lavoisier telah membentuk fakta bahwa oksigen adalah komposisi gas di udara biasa atau udara normal. Oksigen juga bertanggung jawab untuk efek pembakaran pada belerang, logam, fosfor dan juga zat lain.

Ia kemudian melanjutkan penelitian terkait pembakaran yang menempatkan oksigen dan hidrogen di dalam balon kaca yang diberi sumber api dalam campuran tersebut. Ia mengamati ledakan serta pelepasan gas yang tak berwarna yang membuat sisi wadah seperti embun kental.

Embun kental tersebut menghasilkan cairan yang tidak berwarna yang disebut air. Dengan begitu, Lavoisier menyimpulkan bahwa pembakaran hidrogen dapat menghasilkan air.

Demikian rumus kimia air murni serta penemu komposisi H2O yang tak banyak diketahui.
(mpw)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2092 seconds (10.177#12.26)