Hari Kesaktian Pancasila, Simak Pesan Mendikbudristek

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 15:54 WIB
loading...
A A A
Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022

Masih di tengah pandemi Covid-19, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila (Hapsak) Tahun 2022 digelar secara hybrid dan khidmat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, pada Sabtu pagi (1/10).

Baca juga: SMK Ini Buat Kacamata dengan Sensor Ultrasonik untuk Tunanetra

Tahun ini, sebanyak 137 peserta didik berasal dari empat sekolah di Jakarta yaitu 34 siswa dari SDN Lubang Buaya 13, 34 siswa dari SMPN 49 Jakarta, 34 siswa dari SMAN 48 Jakarta, dan 35 siswa SMAN 113 Jakarta turut menjadi peserta upacara Hapsak 2022. Tema peringatan Hapsak tahun ini adalah Bangkit Bergerak Bersama Pancasila.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara, dengan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Soesatyo sebagai pembaca teks Pancasila, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, La Nyalla Mattalitti sebagai pembaca Pembukaan Undang-undang Dasar 1945, Ketua Dewan Perwakillan Rakyat (DPR), Puan Maharani sebagai pembaca dan penandatanganan Ikrar Kesetiaan pada Pancasila, serta Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas sebagai pembaca doa.

Turut hadir secara luring pada upacara Hapsak 2022 yaitu sebanyak 216 pejabat yang terdiri dari para menteri dan pimpinan Lembaga Pemerintah Nonkementerian, wakil ketua MPR RI, wakil ketua DPR RI, wakil ketua DPD RI, Ketua Komisi/Badan DPR RI, Ketua Komite DPD RI, PATI TNI, POLRI Bintang 3, serta keluarga pahlawan.

Selepas upacara, Presiden bersama dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan para pimpinan lembaga tinggi negara yang hadir di lokasi sejenak mengunjungi Monumen Pancasila Sakti dilanjutkan menyaksikan paduan dan orkestra dari para pelajar SMK Negeri 2 Cibinong, Bogor.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2066 seconds (0.1#10.140)