Wajib Tahu, Ini Bahayanya Sering Gunakan Obat Kumur dari Pakar Kesehatan UGM

Minggu, 09 Oktober 2022 - 17:34 WIB
loading...
Wajib Tahu, Ini Bahayanya Sering Gunakan Obat Kumur dari Pakar Kesehatan UGM
Dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UGM mengingatkan bahayanya menggunakan obat kumur secara berlebihan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dokter gigi sekaligus Dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UGM , Dr. drg. Yulita Kristanti, M.Kes., Sp.KG.(K), mengingatkan bahayanya menggunakan obat kumur secara berlebihan.

Menurutnya, penggunaan obat kumur sebaiknya digunakan seperlunya dan tidak terlalu banyak atau rutin. Jika terlalu banyak, dampaknya dapat mengganggu flora mulut.



“Betul menggunakan seperlunya saja karena akan mengganggu flora mulut,” tutur drg. Yulita dalam webinar ‘Pengabdian Kepada Masyarakat' yang di unggah ke kanal YouTube UGM FKG, seperti dikutip, Minggu (9/10/2022).

Rekan drg. Yulita, drg. Andina Widyastuti, Sp.KG(K), menjelaskan bahwa flora mulut merupakan kumpulan dari bakteri-bakteri baik yang ada pada mulut. Penggunaan obat kumur secara berlebihan ditakutkan dapat mengganggu bakteri-bakteri baik tersebut.

Ketergangguan bakteri baik tersebut kemudian disinyalir dapat mengakibatkan munculnya jamur pada mulut.



“Bisa jadi bakteri baiknya kalah (oleh zat kimia yang dibawa obat kumur) dan kemudian timbul jamur dalam mulut kita. Tentu kita tidak mau seperti itu. Jadi saran dari kami, secukupnya (saja) dalam menggunakan satu produk (obat kumur) atau sesuai aturan yang telah tertera di label produk,” jelas drg. Andina dalam webinar yang sama.

Dokter gigi sekaligus dosen FKG UGM lainnya, Dr. drg. Raphael Tri Endra Untara, M.Kes., Sp.KG(K)., menambahkan bahwa orang yang memakai tambalan gigi juga sebaiknya jangan menggunakan obat kumur secara rutin.

Dokter gigi Endra menjelaskan bahwa bahan yang paling popular digunakan untuk menambal gigi sekarang ini, yakni resin komposit, rentan terdegradasi karena asam. Dengan kata lain, jika obat kumur yang memiliki kadar asam secara terus menerus, maka akan dapat merusak tambalan gigi yang digunakan.

“Sekarang adalah era tambalan gigi dengan bahan resin komposit, sebab (bahan tersebut) memiliki warna yang mirip dengan gigi, sehingga menghasilkan estetika yang bagus. Namun ternyata bahan tambal ini salah satu kekurangannya dia bisa terdegradasi oleh asam," terang Endra.

"Jadi meskipun obat kumur itu enak digunakan, sebab memberikan sensasi segar setelah dipakai, tapi kalau digunakan secara terus menerus dapat merusak tambalan (pada gigi),” tambahnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2199 seconds (0.1#10.140)