20 Jurusan Kuliah IPS dengan Peluang Kerja dan Gaji yang Mantap

Kamis, 03 November 2022 - 10:34 WIB
loading...
A A A
Lulusan Sastra Inggris bisa bekerja sebagai jurnalis, content creator, songwriter, penulis, copywriter, content creator, dan penerjemah.

2. Sastra Cina (Tiongkok)

Setelah bahasa Inggris, bahasa Cina menempati posisi kedua bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, dengan total 1,12 miliar orang.

Perkembangan ekonomi Cina saat ini semakin hebat. Selain itu, Indonesia juga menjalin kerja sama perekonomian dengan negara ini. Pastinya, lulusan Sastra Cina dibutuhkan untuk bekerja di perusahaan asing sebagai penerjemah atau humas.

Selain menjadi humas, kalian bisa menjadi penerjemah, personal assistant di perusahaan Cina, pengusaha, hingga jurnalis.

3. Sastra Jepang

Di beberapa kampus, peminat Jurusan Sastra Jepang hanya di bawah 1.000 orang. Hari-hari kamu akan diisi dengan menganalisis buku, film, naskah drama, hingga sejarah dan kebudayaan Jepang. Kamu belajar memahami tata bahasa (bunpou), percakapan (kaiwa) dan mendengar (choukai).

Prospek kerja: translator atau penerjemah di perusahaan jepang, translator film dan serial, tour guide. Dilansir dari payscale, gaji penerjemah Bahasa Jepang bisa mencapai 75 juta - 99 juta dalam setahun, lho!

4. Sastra Indonesia

Kalian yang masuk jurusan Sastra Indonesia akan mempelajari mata kuliah mengenai Morfologi, Sintaksis, Pengantar Kesusastraan, Semiotika, hingga Jurnalistik. Kamu juga belajar Sosiolinguistik dan Psikologi Sastra. Kedua mata kuliah ini mengkaji penggunaan bahasa dalam situasi tertentu.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1262 seconds (0.1#10.140)