10 Ujian Pendidikan Paling Sulit di Dunia, Ternyata Dominasi Bukan dari Barat

Minggu, 12 Juli 2020 - 06:29 WIB
loading...
A A A
Hanya 10% dari mereka yang mencoba ujian ini yang lulus. (Lihat foto: Dinas Pendidikan DKI Jakarta Buka PPDB Tahap Akhir)

3. The Chartered Financial Analyst Exam (AS)

10 Ujian Pendidikan Paling Sulit di Dunia, Ternyata Dominasi Bukan dari Barat


The Chartered Financial Analyst Exam (Ujian Analis Keuangan Chartered) adalah ujian paling ketat bagi mereka yang akan berkarier sebagai profesional investasi dan keuangan. Tes ini juga merupakan salah satu tes paling sulit di dunia.

Bahkan Wall Street Journal mengakui bahwa The Chartered Financial Analyst Exam adalah salah satu ujian paling sulit di dunia. Seseorang dituntut memiliki pengalaman kerja minimum empat tahun sebelum menjadi Chartered Financial Analyst.

4. Mensa (Inggris)

10 Ujian Pendidikan Paling Sulit di Dunia, Ternyata Dominasi Bukan dari Barat


Mensa adalah lembaga nirlaba kumpulan orang-orang dengan IQ tinggi. Ujian Mensa dianggap sebagai salah satu ujian pendidikan dengan kriteria terbaik untuk menentukan peringkat IQ tertinggi di dunia.

Bagi yang memiliki IQ hanya 98 sudah dipastikan tidak akan masuk dalam sekolah ini. Minimal untuk masuk di sini adalah orang-orang ber iQ 100 ke atas.

Diketahui IQ paling rendah yang dapat lolos adalah skor 103. Tak heran apabila tes Mensa ini dianggap salah satu ujian pendidikan terberat di dunia. (Baca juga: Bocah 3 Tahun Jadi Anggota Termuda Perkumpulan Manusia Jenius)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4016 seconds (0.1#10.140)