Sertifikasi Industri Permudah Lulusan SMK Bekerja hingga ke Mancanegara

Selasa, 20 Desember 2022 - 10:10 WIB
loading...
A A A
Baca juga: Cek Dokumen Penting untuk Persyaratan Pendaftaran KIP Kuliah 2023

Dia menuturkan, sekolahnya memiliki empat jurusan yang terhubung dengan dunia industri. Yaitu Teknik Pesawat Udara yang link and match dengan PT DI, kemudian Teknik Energi Terbarukan dengan PT LEN, Manajemen Perkantoran Pelayanan Bisnis dengan PT Angkasa Pura, dan Teknik Jaringan Komputer Telekomunikasi dengan Airnav.

"Mengapa ada SMK penerbangan karena Indonesia terdiri dari sepertiga daratan, 2/3 lautan, tapi 3/3 yang melingkupinya adalah udara. Makanya semestinya yang bekerja di sektor udara lebih banyak dari yang bekerja di sektor daratan atau lautan," tuturnya.

Dengan link and match dengan PT DI itu ternyata untuk memperoleh sertifikasi kompetensi dari BNSP itu lebih mudah karena di sini ada hanggar. PT DI juga mengeluarkan industri dan dari sekolah ada sertifikat sikap atau akhlak. Dia menjelaskan, melalui praktik kerja lapangan ini sekolah berusaha memperkenalkan siswanya terlebih dulu dengan dunia di industri sebelum mereka lulus. Hal ini berbeda dengan lulusan SMA yang baru setelah lulus mengenal budaya kerja di industri.

"Di SMK itu istilahnya memperkenalkan diri ke industri bukan setelah lulus tapi dengan praktik kerja sejak awal untuk memperkenalkan diri sehingga bisa direkrut lebih cepat oleh perusahaan," lanjutnya.

Sementara Kepala Departemen Pusat Pembelajaran PT Dirgantara Indonesia Heri Kusmayadi mengatakan, skema kerja sama ini sangat membantu siswa SMK untuk memahami lebih awal mengenai dunia industri sebelum mereka lulus.

"Baik dari sisi kompetensi, budaya, dan bisnis di perusahaan. Dengan program link and super match ini sangat membantu siswa untuk diterima lebih cepat di dunia kerja," ujarnya.

Baca juga: Keren! Universitas Indonesia Borong 8 Penghargaan Anugerah Diktiristek 2022

Heri mengatakan, pihaknya telah melakukan link and match dengan SMK Penerbangan Cakra Nusantara ini dalam bentuk harmonisasi kurikulum, praktik kerja, guru magang, dan guru tamu. Kini kerja samanya berlanjut dengan skema teaching factory.

Dia menjelaskan, siswa-siswi yang magang di perusahaannya tidak hanya di bagian permesinan. Namun juga untuk bagian non pesawat aircraft hingga bagian administrasi bagi siswa jurusan manajemen perkantoran penerbangan.

Mengenai perekrutan calon karyawan, saat ini penerimaan pegawai di PT DI mengacu pada peraturan Kementerian BUMN melalui sistem perekrutan bersama BUMN yang digelar Forum Human Capital Indonesia (FHCI).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1399 seconds (0.1#10.140)