6 Jurusan Kuliah yang Tepat untuk Bekerja di Perusahaan Migas

Sabtu, 14 Januari 2023 - 06:38 WIB
loading...
A A A
Kuliah perminyakan di jurusan ini membuatmu belajar tentang pengeboran sumur, instalasi pipa, pengolahan minyak dan gas di pabrik, penyimpanan sementara di tangki-tangki sebelum dikirim ke pembeli, pemeliharaan dan perbaikan sistem, hingga pengelolaan aspek-aspek ekonomi dan lingkungan yang terkait dengan produksi minyak dan gas. Jurusan ini ada di Institut Teknologi Sumatera (ITERA).

3. Teknik Pertambangan

Jika impianmu adalah menjadi mahasiswa teknik, pertimbangkan untuk kuliah Teknik Pertambangan. Ada beberapa universitas jurusan pertambangan yang bisa dipilih, seperti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Institut Teknologi Bandung, ataupun Universitas Hasanuddin.

Menjadi mahasiswa Teknik Pertambangan di kampus-kampus tersebut bakal kasih kamu kesempatan buat belajar tentang proses pengambilan sumber daya mineral dari bumi dan pemanfaatannya secara efisien dan aman.

Setelah lulus kuliah, kamu bakal punya bekal pengetahuan tentang eksplorasi, perencanaan tambang, pengelolaan tambang, pengolahan mineral, reklamasi lahan, manajemen lingkungan, prinsip-prinsip keuangan, maupun manajemen.

Baca juga: Pengumuman Hasil Seleksi PPPK Tenaga Teknis 2022, Cek Jadwal Lengkapnya

4. Teknik Geomatika

Teknik Geomatika memang tidak secara langsung terkategorikan sebagai jurusan pertambangan dan perminyakan. Namun di jurusan ini kamu belajar tentang teknologi informasi geografis (GIS), penginderaan jauh (remote sensing), dan sistem informasi geospasial (GIS) yang penting dalam pengelolaan sumber daya alam dan konservasi alam dalam industri pertambangan minyak dan gas.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember adalah salah satu kampus yang membuka Jurusan Teknik Geomatika.

5. Teknik Geologi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1728 seconds (0.1#10.140)