Berapa Gaji Profesi Teknik Sipil di Indonesia? Simak Bocorannya

Senin, 07 Agustus 2023 - 09:29 WIB

3. Developer



Bisnis perumahan juga menjadi prospek kerja bagi lulusan teknik sipil. Kamu bisa bekerja sebagai developer dan menangani berbagai proyek perumahan kecil maupun besar. Rata-rata gaji teknik sipil D3 yang berhasil masuk di bidang ini mulai dari Rp4.000.000 sampai Rp5.000.000 tergantung dengan kota tempat bekerja.



Bukan hanya D3, banyak juga lulusan S1 teknik sipil yang memilih bekerja di bidang ini. Apalagi hampir di setiap kota selalu ada perusahaan developer yang berdiri. Tugas dari developer pun cukup banyak mulai dari observasi tanah, perencanaan pengembangan konsep sampai analisis kebutuhan pasar.

4. Surveyor Tanah



Prospek kerja yang gajinya cukup tinggi mengingat tanggung jawab yang diemban pun sangat besar. Seorang surveyor tanah akan bekerja mengukur tanah yang rencananya akan dibangun. Ilmu ukur tanah, menggambar bangunan sampai keterampilan menggunakan alat ukur tanah sangat diperlukan.

Estimasi gaji seorang surveyor tanah ini mulai dari Rp4.500.000 sampai dengan Rp6.000.000. Sekali lagi gaji ini akan berbeda-beda tergantung dengan kota. Kebanyakan surveyor tanah akan bekerja dengan Badan Pertanahan Negara.

5. Structural Engineer



Profesi ini butuh keterampilan serta ketelitian yang tinggi mengingat tugas utamanya adalah memastikan bahwa struktur bangunan sudah benar. Jika salah menghitung risikonya adalah bangunan bisa roboh dan membahayakan banyak jiwa.

Seorang structural engineer bisa bekerja di perusahaan kontraktor atau developer. Soal gaji tentu saja cukup tinggi, untuk entry level bisa memperoleh sekitar Rp5.500.000 dan jika sudah sampai ke level senior bisa mendapatkan Rp8.000.000.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More