Kiprah Arby Mamangsa, Kepsek SMP Nusantara Sorong Ubah 'Sekolah Buangan' Menjadi Berprestasi

Jum'at, 22 Maret 2024 - 15:02 WIB
“Saya mendapati betapa luar biasanya Kurikulum Merdeka, kami menemukan siswa dalam keunikannya masing-masing. Itu yang tidak kami dapat sebelumnya. Saya bilang ke teman-teman, tidak ada siswa yang bodoh. Kalau begitu, yang harus berubah siapa? Ya, harus gurunya, berubah paradigma, berubah konsep, berubah cara. Itu yang paling sulit,” ujar Arby.

Menurut Arby, walaupun sekolah memiliki fasilitas yang baik, ada anggaran yang memadai, tetapi tanpa mengubah pola pikir guru saat memandang pendidikan untuk anak, itu tidak akan berpengaruh banyak.

Baca juga: Perjuangkan Nasib Siswa SMPN 2 Batusangkar Sumbar, RPA Perindo Audiensi dengan Kemendikbudristek

Dalam implementasi Kurikulum Merdeka, Arby dan guru-guru di sekolahnya memiliki inisiatif unik, yaitu dalam penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Berbeda dengan P5 di sekolah lain, di SMP Nusantara, P5 bukan hanya tentang keterampilan praktis, tetapi juga tentang memberdayakan siswa dalam memecahkan masalah nyata yang dihadapi masyarakat sekitar.

"Bagi kami, P5 ini merupakan nafas Kurikulum Merdeka. Lewat P5, siswa-siswa kami melihat masalah yang benar-benar terjadi di masyarakat sekitar, dan hasilnya mereka berhasil membuat filter air bersih, bahkan mengubah budaya masyarakat dan menyadarkan akan pentingnya menggunakan air bersih,” katanya dengan bangga.

Namun, Arby menekankan bahwa yang terpenting bukanlah produk akhir dari P5, melainkan prosesnya. Menurutnya, anak-anak harus mengalami perubahan melalui nilai-nilai dimensi proyek yang mereka jalankan dan punya kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah.

Bukan hanya itu, perubahan pola pikir guru juga membuahkan perubahan besar dalam perilaku dan prestasi murid-murid di SMP Nusantara. Arby berkisah tentang perjalanan transformasi seorang murid yang awalnya dianggap sangat nakal dan sulit untuk dibimbing.

Meskipun awalnya guru-guru merasa kesulitan dalam mendidik anak tersebut, mereka pun berusaha untuk mencari tahu keunikan dan gaya belajar yang sesuai dengannya. Perlahan-lahan, dengan pendekatan yang tepat, anak tersebut pun mulai merasa nyaman di sekolah dan menemukan cara belajar yang cocok baginya.

“Awalnya anak yang dianggap sudah game over, ternyata bisa bertumbuh dengan luar biasa. Setiap tahun, tim olimpiade kami pasti juara, dan di tim tersebut ada anak itu. Seperti tadi saya katakan, tidak ada anak yang bodoh, guru perlu menemukan keunikan tiap anak,” lanjut Arby.

Baca juga: Berapa Angka Partisipasi Sekolah SMP di Indonesia? Ini APS Penduduk Usia 13-15 Tahun Sejak 2011-2023
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More