Kritisi Dokter Asing Dekan FK Unair Dicopot, Komisi X: Tamatlah Kebebasan Berpendapat di Kampus

Minggu, 07 Juli 2024 - 11:21 WIB
Baca juga: Rincian Biaya Kuliah di FK Unair 2024, Ada Jurusan Kedokteran dan Kebidanan

"Seharusnya, pemerintah juga menyediakan anggaran yang memadai bagi pendidikan kedokteran negeri dan swasta, dalam upaya mempercepat pengadaan dokter umum yang berkualitas di seluruh daerah," ungkap Fahmy.

Dia menilai, kebijakan ‘impor’ dokter asing tentu menuai kontroversi dan mengancam eksistensi dokter-dokter dalam negeri.

"Kebijakan tersebut malah menyiratkan ketidakpercayaan pemerintah terhadap kemampuan dokter-dokter lulusan Fakultas Kedokteran perguruan tinggi dalam negeri," pungkas Fahmy.

Baca juga: Humas Unair Benarkan Pencopotan Dekan Fakultas Kedokteran Prof Budi Santoso

Sebelumnya, Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek Abdul Haris menyampaikan, meski Kemendikbudristek menghormati otonomi Unair sebagai PTN BH di Indonesia namun diingatkan pula bahwa Unair wajib menjunjung tinggi kebebasan akademik dan kebebasan mimbar akademik sivitas akademikanya.

Pencopotan dekan FK itu pun harus dilakukan sesuai dengan prosedur yang diatur dalam statuta Unair. Kemendikbudristek berharap dinamika ini dapat diselesaikan internal dan tidak menganggu pada penyelenggaraan Tridharma kampus.

Diketahui, Dekan FK Unair Prof Budi Santoso dicopot dari jabatannya pada Rabu 26 Juni 2024. Belum jelas apa alasan di balik pencopotan Ketua Asosisasi Institusi Kedokteran Indonesia (AIPKI) ini.

Namun pencopotan dirinya diduga kuat berkaitan dengan pernyataan Prof Budi yang selama ini menolak rencana kebijakan masuknya dokter asing ke Indonesia.

Sementara Rektor Unair Prof M Nasih memilih untuk bungkam saat media menemui dirinya untuk mengonfirmasi apa alasan pencopotan dekan FK ini. Rektor juga tidak menjawab terkait siapa pengganti Budi Santoso sebagai dekan FK Unair setelah ia dicopot dari jabatannya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More