Kiprah Sanggar Murtitomo, Visi Besarnya Ingin Mendirikan Sekolah untuk Anak Seniman

Rabu, 10 Juli 2024 - 16:33 WIB
Sanggar Murtitomo mengajarkan seni tari kepada anak-anak dan pemuda di sanggar. Foto/Istimewa.
MALANG - Sanggar Murtitomo, yang didirikan oleh Ahmad Soleh (43) telah menarik minat dari dalam dan luar negeri. Visi besar Wahid ialah ingin mendirikan sekolah bagi anak-anak seniman .

Penikmat seni dari Amerika, Singapura, dan Australia datang tidak hanya untuk membeli karya-karya seni dari sanggar yang berada di di Desa Sengguruh, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur ini.

Tetapi juga tertarik dengan proses pembuatan karya seni tersebut. Sanggar ini bertujuan melestarikan dan mengembangkan seni serta budaya lokal yang semakin terpinggirkan oleh modernisasi.



Baca juga: Lima Dekade Seniman Nunung WS Berkarya, IKJ Gelar Bedah Buku

Wahid memiliki visi besar untuk Sanggar Murtitomo. Ia berharap dapat mendirikan lembaga pendidikan formal untuk anak-anak seniman agar mereka mendapatkan pendidikan yang layak.

"Banyak anak-anak seniman yang pendidikannya terbengkalai. Kami berharap bisa mendirikan lembaga pendidikan formal untuk mereka," kata Wahid, melalui siaran pers, Rabu (10/7/2024).

Wahid, keturunan seniman ludruk, memiliki kecintaan mendalam terhadap seni sejak kecil.

"Bapak saya seorang seniman ludruk, dan saya merasa memiliki tanggung jawab untuk melanjutkan warisan seni tersebut," ungkap Wahid.

Baca juga: Dana Abadi Kebudayaan Tingkatkan Eksistensi Seniman dan Budayawan
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More