Teknik Telekomunikasi: Prospek Kerja, Gaji, dan Kampus Unggulannya

Kamis, 01 Agustus 2024 - 09:19 WIB
Mulai dari mengevaluasi kinerja jaringan dan mengidentifikasi masalahnya, seorang analis jaringan mencarikan solusi untuk mengoptimalkan jaringan terkait. Tentu saja, hal ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang belajar secara khusus tentang jaringan.

3. Operator Network Operations Center (NOC)

Jaringan juga perlu dipantau dan diawasi agar tetap optimal. Ini menjadi tugas dan tanggung jawab utama seorang NOC atau Operator Network Operations.

Baca juga: 7 Kampus dengan Jurusan Kuliah Teknik Pertambangan Terbaik di Indonesia, ITB Masih Terdepan

4. Engineer Telekomunikasi



Karier ini memberikanmu tanggung jawab untuk merancang dan menerapkan sistem komunikasi. Tidak hanya itu, kamu juga memeliharanya agar komunikasi berjalan lancar dan tidak bertele-tele.

5. Researcher di Bidang Telekomunikasi



Kamu juga bisa mengembangkan inovasi dengan melakukan penelitian baru. Tujuannya tentu saja untuk memajukan teknologi telekomunikasi. Umumnya, lembaga-lembaga terkait atau universitas sering membutuhkan para peneliti.

Baca juga: Jurusan Teknik Paling Ramai Peminat di UI, UGM, ITB, dan UNS, BUMN Antre Merekrut Lulusannya?



6. Marketing Specialist

People person yang lulus dari Teknik Telekomunikasi bisa menjadi marketing specialist. Tugasnya? Tentu saja mempromosikan produk dan layanan telekomunikasi. Tidak hanya itu, mereka bertanggung jawab memahami kebutuhan pasar dan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More