Tips Menjawab Pertanyaan Menjebak saat Proses Wawancara Kerja

Kamis, 02 Desember 2021 - 22:53 WIB
Di dunia ini, ada banyak sekali kata. Bagaimana kalau kamu diminta memilih satu kata saja untuk menggambarkan diri? Tentu tak mudah. Itulah mengapa, pertanyaan menjebak ini cukup sulit dijawab saat interview. Tapi jangan panic ketika pertanyaan ini terlontar.

Sesuaikan saja pilihan katamu dengan posisi yang kamu lamar. Hal ini disampaikan oleh Lynn Taylor, seorang workplace expert, kepada Business Insider.

Misalnya, ketika melamar pekerjaan sebagai penulis. Meski teman-temanmu bilang kamu humoris, jangan katakan hal ini kepada pewawancara. Pilih jawaban yang relevan, misalnya “bookworm” (pecinta buku).

3. Mengapa kamu ingin meninggalkan pekerjaan lamamu?

Pertanyaan selanjutnya biasa ditujukan untuk kandidat berpengalaman. Saat membahas pekerjaanmu saat ini, jangan katakan hal yang buruk, ya! Bukannya meyakinkan penerima kerja, kamu malah terdengar kurang profesional. Untuk menjawabnya, coba fokus pada hubunganmu dan perusahaan yang kamu lamar. Misalnya:

Mengapa kamu ingin menjalani posisi yang kamu lamar? Bagaimana perusahaan yang kamu lamar bisa membuatmu makin berkembang? dan lain-lain.

4. Bisakah kamu menyebutkan kekurangan dirimu?

Ini merupakan pertanyaan menjebak yang sangat umum dijumpai saat interview kerja. Seperti yang sudah disebutkan, kamu bisa memutar jawabannya hingga justru mendukung kelebihanmu. Hal ini disampaikan oleh The Balance Careers.

Misalnya, kamu adalah orang yang perfeksionis. Di satu sisi, ini membuat pekerjaanmu lama selesai. Di sisi lain, ini bisa makin menonjolkan salah satu kelebihanmu, yakni punya standar kerja yang tinggi.

5. Mengapa kamu ingin bekerja di sini?
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More