Begini Cara Mengajukan Visa Pelajar dan Tipsnya

Kamis, 13 Januari 2022 - 23:43 WIB
Langkah 3: Verifikasi dokumen dan wawancara

Setelah dokumen dipersiapkan, kemudian dapat mengunjungi kedutaan atau Visa Center negara yang dituju untuk melakukan verifikasi berkas. Disarankan untuk membawa dokumen asli beserta fotokopinya untuk berjaga-jaga jika dibutuhkan serta jangan lupa untuk datang lebih pagi karena pembuatan visa biasanya memiliki antrian yang panjang.

Selain itu, beberapa negara mewajibkan pemohon visa untuk melakukan wawancara. Biasanya nantinya akan ditanya mengenai motivasi serta alasan mengapa memilih melanjutkan studi di negara tersebut. Jadi, disarankan agar berlatih terlebih dahulu supaya lancar saat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Langkah 4: Pengambilan visa

Pemrosesan visa membutuhkan waktu beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu. Nantinya, pemohon visa akan mendapat email pemberitahuan jika visa sudah dapat diambil.

Perlu diingat, pengambilan visa harus dilakukan sendiri oleh pemohon visa atau juga dapat meminta bantuan orang lain dengan memberikan surat kuasa.

B. Tips dalam Mengajukan Visa Pelajar

1. Cek jenis visa negara tujuan

Setiap negara mempunyai persyaratan dan jenis visa pelajar yang berbeda-beda. Di Singapura dan Malaysia contohnya, visa yang digunakan adalah jenis student pass. Sedangkan, Australia membagi visa pelajar menjadi 8 sub-klasifikasi tergantung dari program studi mana yang dipilih.

Jadi, pastikan untuk mengecek di kedutaan/konsulat negara tujuan untuk tahu persis jenis visa pelajar apa yang diperlukan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More