Begini Cara Mengajukan Visa Pelajar dan Tipsnya

Kamis, 13 Januari 2022 - 23:43 WIB
2. Pilih sertifikat tes bahasa yang sesuai

Terdapat beragam jenis tes bahasa yang dapat ikuti. Contohnya IELTS yang memiliki 2 jenis tes yaitu Academic dan General. Untuk study abroad, Hunters harus mengambil IELTS Academic.

Berbeda dengan TOEFL yang terdiri dari 4 jenis, yaitu iBT, CBT, PBT dan ITP. Sertifikat hasil keempat jenis tes ini dapat digunakan untuk urusan kuliah. Namun, jenis ITP biasanya tidak diakui secara internasional.

Maka sebaiknya cek dulu apakah universitas tujuan dapat menerima sertifikat TOEFL ITP ini ataukah tidak.

3. Pastikan ada 4-6 halaman kosong di paspor

Beberapa negara mewajibkan minimal ada 2 lembar kosong yang saling berhadapan di paspor untuk pengajuan visa. Apabila tidak ada lembar kosong di paspor, maka akan diminta untuk memperbaruinya.

4. Cek detail syarat foto dan dokumen

Pastikan semua persyaratan foto seperti jumlah, ukuran, dan warna latar belakang sudah benar. Selain itu, kelengkapan dokumen juga harus diperhatikan. Apabila tidak lengkap, maka permohonan visa dapat ditolak dan harus mengulang lagi dari awal.

5. Persiapkan pengajuan visa sedini mungkin

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa pemrosesan visa membutuhkan waktu yang lama hingga berminggu-minggu. Oleh karena itu, sebaiknya dapat memperhitungkan sendiri waktu yang ideal untuk mengajukan visa, supaya visa telah siap sebelum hari-H keberangkatan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More