Inilah 5 Hal yang Sering Disalahpahami tentang Public Speaking

Kamis, 03 Februari 2022 - 20:55 WIB
2. Harus Bisa Mencairkan Suasana

Setiap orang mempunyai karakter, dan setiap MC pun punya pembawaannya masing-masing dalam berbicara di depan umum. Tidak semua suasana mampu untuk dibuat lelucon, seperti acara-acara yang sifatnya formal. Memang, setiap orang dituntut untuk bisa membaur dalam acara, namun harus tahu juga batasan dalam mencairkan suasana.

Mencairkan suasana memang dibutuhkan ketika akan merebut perhatian audience agar tidak terkesan membosankan dan menghalau rasa kantuk. Melibatkan audience juga disarankan agar lebih atraktif dan tetap semangat mengikuti hingga akhir sesi acara.

3. Tampil Perfeksionis

Sejatinya, perfeksionis bisa jadi sebuah penyakit yang menyerang siapa saja. Termasuk dalam ranah public speaking. Banyak orang ingin tampil sempurna di depan banyak orang dengan latihan mati-matian dan menggunakan busana yang mewah agar menarik perhatian. Tidak salah berlaku perfeksionis, namun juga harus diperhatikan bahwa jangan sampai sifat perfeksionis ini menghambat Anda untuk bisa unjuk gigi dalam public speaking.

Kesalahan adalah hal yang sangat wajar, kita manusia bisa berbuat salah dan harus menerimanya. Sangat tidak wajar apabila minim kesalahan dalam public speaking. Jika terjadi kesalahan, maka usaha kita adalah menetralisir kesalahan tersebut agar tidak menjadikannya semakin besar di mata audiens.

4. Anggapan tentang Bakat dari Lahir

Semua orang dilahirkan dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing. Hidup yang serba dinamis, membawa perilaku dan bakat orang menjadi dinamis pula. Dalam hal public speaking, skill berbicara di depan umum adalah sesuatu yang bisa diasah dari waktu ke waktu. Tidak ada kesempurnaan tanpa latihan yang berulang.

Banyak juga yang sebenarnya mempunyai potensi di bidang publick speaking, namun karena tidak diasah, akan sangat mungkin kualitas public speaking tertinggal jauh dari orang yang tidak mempunyai bakat namun berlatih terus-menerus.

5. Menghadapi Demam Panggung
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More