Ribuan Pelajar Indonesia Pilih United Kingdom untuk Lanjut Kuliah, Mengapa?

Kamis, 19 Januari 2023 - 12:39 WIB
loading...
A A A
Baca juga: MNC University Bangun Generasi Muda yang Kompetitif

“Pameran seperti ini memberikan peluang besar bagi para calon mahasiswa dan orang tua untuk dapat berinteraksi langsung dengan universitas-universitas tersebut sehingga mereka bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan dan membuat keputusan dengan tepat,” ungkapnya.

Misi yang dibawakan oleh SI-UK Indonesia melalui Study in UK Expo 2023 ini pun mendapatkan perhatian dan dukungan langsung dari Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) Indonesia. LPDP melihat bahwa dengan besarnya generasi muda yang memiliki kualitas pendidikan terbaik akan memberikan dampak jangka panjang yang positif bagi Indonesia.

Andin Hadiyanto, Direktur Utama LPDP menyampaikan, “Hasil riset dari LPDP menunjukkan bahwa setidaknya beberapa universitas di UK telah menjadi universitas favorit tujuan belajar dari para mahasiswa Indonesia, seperti UCL, King's College London, University of Glasgow dan University of Birmingham,” katanya.

Data lain dari LPDP juga mencatat bahwa hingga Desember 2020, terdapat 12.597 alumni yang telah lulus dari universitas dalam dan luar negeri melalui jalur beasiswa yang diberikan. Dari angka tersebut, sebanyak 276 mahasiswa merupakan lulusan dari University College London (UCL), 185 mahasiswa lulus dari Imperial College London dan University of Edinburgh, 165 mahasiswa dari University of Leeds, serta 161 mahasiswa dari University of Birmingham.

“Besarnya jumlah lulusan ini terus mendukung dan memotivasi kami dalam menjangkau lebih banyak lagi mahasiswa berkualitas dan lulus dari universitas terbaik di UK. Harapan kami dengan sejumlah kemudahan dan pengalaman pendidikan terbaik, para mahasiswa maupun calon mahasiswa akan dapat merealisasikan impian mereka dalam berperan serta pada peningkatan kualitas pendidikan dan masa depan yang lebih positif di Indonesia,” ujar Gianti Atmojo selaku Country Director dari SI-UK Indonesia.

Terkait dengan pameran pendidikan Study in UK Expo 2023 di Jakarta, dia menjelaskan, Study in UK Expo sempat rehat selama beberapa waktu, terutama karena pandemi. Pameran hari Sabtu nanti, ujarnya, akan menjadi pembuka yang pertama di tahun 2023 dan secara ukuran bisa dibilang cukup besar.

Baca juga: Prof Trias Aditya Kurniawan Muhammad Jadi Guru Besar Pertama Teknik Geodesi UGM

“Dengan kehadiran perwakilan universitas-universitas berkelas dari UK serta kesempatan berkonsultasi langsung untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai kampus dan jurusan yang diminati, kami yakin ini akan menjawab excitement para calon mahasiswa,” lanjutnya.

Di samping pilihan paket terbaik serta sejumlah aktivitas menarik, sepanjang pameran berlangsung, SI-UK Indonesia memberikan penawaran istimewa berupa pendaftaran gratis untuk masuk ke universitas yang dituju, pendaftaran IELTS British Council serta promo program Summer Internship di London, Oxford maupun Cambridge.

Selain itu, SI-UK Indonesia juga membekali para mahasiswa dengan edukasi dan informasi terkait kesempatan untuk kerja part-time saat kuliah, serta 2 tahun izin tinggal setelah kuliah dengan Graduate Visa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1854 seconds (0.1#10.140)