9 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Banyak Bekerja di DJP

Kamis, 23 Februari 2023 - 15:39 WIB
loading...
A A A
Pelamar dengan pendidikan Manajemen tercatat bisa mengisi jabatan di DJP. Menurut data yang dikeluarkan Kemenkeu, sederet jabatan untuk lulusan manajemen adalah analis kebijakan lelang, analis keuangan, analis organisasi dan tata laksana, analis perencanaan, analis publikasi, analis satuan pengawas internal, analis seleksi dan penempatan beasiswa, analis sumber daya manusia aparatur, pelelang, dan pemeriksa kekayaan negara.

Sama seperti Akuntansi, Manajemen adalah jurusan kuliah yang banyak dimiliki oleh universitas di Indonesia. Jurusan Manajemen di Universitas Indonesia (UI) tercatat memiliki akreditasi A dan selalu diminati ribuan calon mahasiswa setiap tahunnya.

6. Agrobisnis

Tidak hanya mereka dengan latar belakang pendidikan yang telah disebutkan di atas, mereka yang memiliki latar pendidikan kontras juga bisa bekerja di DJP. Salah satunya adalah Agrobisnis. Melansir informasi yang ada di laman ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), lulusan D3 Agrobisnis bisa melamar untuk posisi pengelola keuangan. Unsoed (Universitas Jenderal Soedirman) merupakan satu dari sekian banyak institusi pendidikan tinggi yang menyediakan jurusan D3 Agrobisnis.

Selain bekerja di instansi pemerintahan, lulusan Agrobisnis juga bisa menjadi wiraswasta karena dibekali dengan kemampuan kompetisi yang baik.

Baca juga: Gagal di SNBP 2023? Coba Daftar ke IPB Lewat 3 Jalur Khusus Ini

7. Teknik Elektro

Teknik Elektro juga menjadi jurusan yang dicari oleh DJP. Para sarjana Teknik Elektro diberikan alokasi untuk menempati jabatan analis keuangan di DJP.

ITS menjadi kampus yang memiliki jurusan Teknik Elektro dengan akreditasi Unggul. Pada 2022 lalu, ITS hanya memiliki daya tampung 84 kursi dari ribuan orang pelamar. Hal tersebut menunjukkan bahwa Teknik Elektro banyak diminati dan cukup bonafide bagi para calon mahasiswa.

8. Teknik Arsitektur
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1078 seconds (0.1#10.140)