Calon Mahasiswa, Ini 10 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Kampus

Sabtu, 24 Juni 2023 - 09:37 WIB
loading...
Calon Mahasiswa, Ini 10 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Kampus
10 hal yang harus diperhatikan saat memilih kampus yang perlu diketahui calon mahasiswa. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tidak selalu tentang melihat jurusan kuliah apa yang paling dibutuhkan saat ini. Melainkan tentang memilih tempat mengembangkan potensi secara maksimal.

Dibutuhkan pertimbangan matang untuk rencana masa depan, karena itu harus disesuaikan dengan minat dan bakat calon mahasiswa.

Bagi kalian calon mahasiswa, berikut ini 10 hal yang harus diperhatikan saat memilih kampus.

1. Ketahui Minat dan Bakat

Ikuti tes peminatan untuk mengetahui minat dan bakat kalian. Dari sini klian bisa mempertimbangkan ingin melanjutkan studi ke mana. Selain itu tes peminatan biasanya menjelaskan secara baik karakteristik dan potensi diri.

Dari hasil tes tersebut pertimbangkan dengan baik program studi apa yang dapat memaksimalkan potensimu. Misalnya,kalian memiliki bakat dalam menulis dan juga aktif dalam berinteraksi, maka akan lebih cocok melanjutkan studi di bidang komunikasi.

Mengetahui minat dan bakat ini dapat memberikan kamu perspektif yang jelas tentang karier yang ingin dijalani kelak.

Mengikuti minat dan bakat juga bermanfaat untuk perkembangan diri, kamu dapat mengikuti kegiatan kemahasiswaan yang menarik minat dan bakat. Dengan begitu kamu bisa mengembangkan soft skill dan hard skill, hal itu yang membuat kamu punya kompetensi yang baik dan kompetitif di dunia kerja nantinya.

2. Akreditasi Kampus


Pastinya banyak yang ingin kuliah di kampus paling bergengsi, namun tidak melulu soal gengsi. Kampus yang memiliki nama baik pasti memiliki akreditasi yang baik. Buat yang ingin melanjutkan studi, ada baiknya memperhatikan akreditasi kampus yang diminati.

Baca juga: Mengenal Mecca, Sistem WABot Pemandu Jamaah Haji dan Umrah Inovasi ITS

Akreditasi merupakan standar yang menggambarkan bagaimana kualitas kampus tersebut. Jadi pastikan perguruan tinggi yang kamu minati memiliki akreditasi yang bagus.

3. Kurikulum Paling Up to Date

Setelah melihat bagaimana akreditasi yang dimiliki kampus yang diminati, jangan lupa cek juga kurikulum yang dimilikinya. Di dalam kurikulum terdapat mata pelajaran yang akan kalian pelajari pada proses perkuliahan. Pastikan kampus yang diminati memiliki kurikulum yang paling up to date.

Kurikulum yang sesuai dengan perkembangan zaman, bisa membuat mahasiswa mendapatkan pendidikan yang sesuai kebutuhan lapangan kerja. Memberikan mahasiswa bekal yang cukup untuk memasuki dunia kerja.

4. Fasilitas Penunjang


Selain akreditasi dan kurikulum, aspek lainnya yang perlu diperhatikan adalah fasilitas penunjang akademik. Memiliki fasilitas unggulan yang dapat membantu mahasiswa dalam proses belajar, menjadi sebuah keharusan bagi universitas untuk membentuk lulusan yang mampu menjawab tantangan.

5. Kegiatan Kemahasiswaan


Kegiatan mahasiswa di kampus tidak melulu belajar di ruang kelas. Ketahui unit kegiatan mahasiswa dari kampus yang kalian minati. Karena belajar berorganisasi juga merupakan kunci keberhasilan mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk masuk dunia kerja.

Berbagai macam kegiatan kemahasiswaan bisa menjadi pertimbangan kamu, dari club debat hingga tim bola basket, atau mungkin ikut pagelaran teater dan seni budaya. Isi masa kuliah kamu dengan kegiatan yang bermanfaat ya.

6. Lingkungan Belajar

Dengan kesemua aspek di atas, lingkungan belajar yang kondusif dapat tercipta. Lingkungan belajar secara tidak langsung membentuk budaya belajar yang ada di kampus.

Ketahui bagaimana lingkungan belajar yang ada di kampus yang diminati. Lingkungan belajar yang kondusif tentunya akan berdampak positif pada perkembangan diri mahasiswa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1784 seconds (0.1#10.140)