Ini Biaya Kuliah Termurah di 5 PTN, Nomor 4 Bikin Kaget

Senin, 10 Juli 2023 - 08:00 WIB
loading...
A A A
Ini Biaya Kuliah Termurah di 5 PTN, Nomor 4 Bikin Kaget


Universitas Terbuka salah satu PTN dengan biaya kuliah termurah. (Foto: Facebook/UT)

UT telah bertransformasi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) dengan terbitnya Peraturan Pemerintah No. 39 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Terbuka yang telah ditandatangani oleh Presiden RI Joko Widodo pada 20 Oktober 2022 lalu.

Transformasi tersebut menjadikan UT terus mengembangkan diri agar menjadi lebih dinamis dan mampu beradaptasi dengan cepat pada perubahan dan perkembangan pesat di segala bidang termasuk bidang pendidikan.

Sebagai PTN-BH, UT juga akan terus menjangkau yang tidak terjangkau, menjadi PTN-BH yang inklusif dan memberikan kesempatan bagi semua kalangan, semata-mata demi mengabdi pada Tanah Air dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Tak heran, kampus ini menjadi salah satu PTN dengan biaya kuliah termurah. Biaya kuliah di UT bergantung pada skema layanan yang dipilih oleh mahasiswa, yaitu skema layanan sistem paket semester (SIPAS) atau skema Non-SIPAS (per SKS). Besaran biaya UKT di UT berkisar dari Rp500.000 hingga Rp3.650.000 per semester.

Namun, untuk pembayaran dengan skema Non-SIPAS, layanan akademik dan administrasi akademik diberikan jika mahasiswa melakukan registrasi Mata Kuliah per SKS. Mahasiswa dapat dikenakan biaya per SKS mulai dari Rp35.000 (bergantung pada masing-masing program studi).

Misalnya saja, jika mahasiswa tersebut ingin mengambil sebanyak sembilan SKS, maka hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp315.000 per semester (simulasi 9 SKS x Rp35.000 = Rp315.000). Skema ini mempermudah mahasiswa untuk menyesuaikan dengan kemampuan finansial maupun nonfinansialnya.

Selain itu, UT tidak menerapkan uang gedung kepada mahasiswanya, melainkan hanya uang pendaftaran sebesar Rp100 ribu untuk mahasiswa jenjang sarjana. Sangat terjangkau, bukan? Pembayaran biaya pendidikan pun dapat dilakukan melalui Bank BTN, BRI, Bank Mandiri, BNI, Indomaret, grup Alfa, Bank Syariah Indonesia (BSI), dan PosPay.

Kamu dapat mengunjungi laman resmi UT di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait biaya kuliah di UT. Selain itu, untuk informasi pendaftaran UT, kamu bisa mengunjungi video ini .
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1699 seconds (0.1#10.140)