6 Perbedaan Vokasi dan Akademik, Teliti Yuk Biar Tak Salah Pendidikan

Senin, 24 Juli 2023 - 12:41 WIB
loading...
A A A
Program Vokasi

Program Vokasi juga menawarkan variasi waktu tempuh studi. Jalur pendidikan tinggi ini mengarahkan lulusannya untuk menguasai keterampilan terapan tertentu. Adapun program pendidikan yang ditawarkan adalah Pendidikan Diploma I (D1) dengan waktu studi 1 tahun dengan beban 32 SKS. Kedua, Program Pendidikan Diploma II (D2) dengan waktu studi 2 tahun dengan beban 64 SKS.

Ketiga, Program Pendidikan Diploma III (D3) memberikan waktu studi selama 3 tahun dengan beban 112 SKS. Keempat, Program Pendidikan Diploma IV (D4) dengan waktu studi 4 tahun dengan beban 144 SKS.

3. Penerapan Kurikulum

Program Akademik

Kurikulum yang berlaku pada Program Akademik dan Program Vokasi memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Pada Program Akademik, kurikulum yang diberikan banyak berfokus pada teori dibandingkan praktik. Hal ini juga turut berdampak pada penugasan ketika proses perkuliahan. Tujuan pemberian porsi teori yang lebih banyak adalah membuat mahasiswa dapat menguasai ilmu yang diberikan.

Program Vokasi

Sesuatu tujuan adanya Program Vokasi yang menghasilkan lulusan dengan keahlian terapan, kurikulum perkuliahan pun mengalami banyak penyesuaian. Mahasiswa akan menjalani berbagai macam kegiatan praktik dengan porsi lebih besar dibandingkan teori. Dengan banyak melakukan praktik, mahasiswa akan lebih siap ketika diminta terjun di dunia kerja. Lulusan Program Vokasi akan belajar dari masalah di lapangan dan mencari solusinya.

4.Prospek Karier Lulusan

Program Akademik

Dengan adanya perbedaan kurikulum yang diterapkan, secara tidak langsung prospek karier lulusan juga akan terpengaruh. Nantinya, lulusan Program Akademik memiliki potensi besar menjalani karier di bidang akademik, seperti menjadi akademisi dan peneliti.



Meskipun demikian, tidak tertutup kemungkinan jika lulusan Program Akademik juga bisa berkarier di lapangan menjadi praktisi. Namun, lulusan program tersebut akan banyak menjadi konseptor dibandingkan pelaksana di lapangan.

Program Vokasi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3648 seconds (0.1#10.140)