Apa Itu Paper, Makalah, Essay, Jurnal, dan Artikel? Kenali Perbedaannya

Jum'at, 28 Juli 2023 - 13:47 WIB
loading...
A A A
Artikel merupakan tulisan yang tujuannya untuk memberikan informasi. Karena tujuan tersebut, maka dalam penulisannya juga dilandasi fakta. Umumnya, artikel memiliki jumlah kata yang jauh lebih sedikit.

2. Tujuan Pembuatan Tulisan

Paper

Pada dasarnya, karya tulis paper lebih sering digunakan untuk melatih kemampuan menulis mahasiswa. Hal tersebut digunakan supaya mahasiswa mampu mengungkapkan pemikiran secara ilmiah atas hasil karya tulis lainnya.

Makalah

Karya tulis makalah memiliki tujuan yang luas. Umumnya, ini dipakai untuk menyampaikan sebuah hasil penelitian setelah mengumpulkan data. Itulah mengapa di akhir makalah juga disertakan sumber data yang digunakan.

Essay

Essay pada umumnya memiliki tujuan untuk menyampaikan pendapat. Gagasan dalam bentuk fakta dan opini perlu diakui kebenarannya oleh orang lain. Oleh sebab itu, karya tulis ini juga memberikan pandangan baru.

Jurnal

Tujuan penulisan jurnal adalah untuk mengembangkan sebuah penelitian dalam tema tertentu. Hal ini kemudian dapat dijadikan sebagai acuan oleh penulis lain yang ingin menulis tema sama.

Artikel

Tujuan artikel sendiri adalah untuk menyampaikan informasi, baik fakta maupun opini. Selain, itu, artikel juga memiliki bentuk yang lebih ringkas. Itulah mengapa penulisan ini jauh lebih banyak tersedia.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)