Apa Itu Paper, Makalah, Essay, Jurnal, dan Artikel? Kenali Perbedaannya

Jum'at, 28 Juli 2023 - 13:47 WIB
loading...
A A A
Pada dasarnya, karya tulis berbentuk paper memiliki sumber referensi yang lebih sedikit. Hal tersebut karena karya tulis ini biasanya merupakan hasil dari opini pribadi yang dikuatkan oleh beberapa referensi.

Makalah

Untuk dasar penulisan makalah umumnya menggunakan hasil penelitian sebagai sumbernya. Artinya, perlu adanya penelitian terlebih dahulu sebelum Menyusun karya tulis ini, baik secara sederhana atau secara kompleks.

Essay

Dasar penulisan essay hampir sama dengan paper. Namun, beberapa jenis essay memiliki hampir 100% opini pribadi terhadap suatu topik. Tujuannya adalah untuk menyampaikan gagasan atau pendapat terhadap suatu permasalahan.

Jurnal

Jurnal memiliki dasar penulisan yang jauh lebih ketat. Dasar bisa berupa hasil penelitian awal, penelitian lanjutan, hingga perspektif baru melalui data. Itulah mengapa tidak semua tulisan bisa dimasukkan ke jurnal.

Artikel

Terakhir, dasar dari penulisan artikel adalah hasil penelitian yang ditulis oleh penulis. Perlu dipahami bahwa artikel ilmiah merupakan bentuk ringkasan dari karya tulis tertentu. Jadi, dasarnya juga hasil penelitian.

5. Dalam Hal Publikasi

Paper

Publikasi paper pada dasarnya bisa kapan saja sesuai dari permintaan. Misalnya, jika diminta membuat paper dalam waktu 1 bulan, maka juga harus menyelesaikannya serta mengumpulkannya.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1618 seconds (0.1#10.140)