Apa Itu Paper, Makalah, Essay, Jurnal, dan Artikel? Kenali Perbedaannya

Jum'at, 28 Juli 2023 - 13:47 WIB
loading...
A A A
Makalah

Makalah juga demikian. Tidak ada aturan khusus dalam publikasi karena ini merupakan salah satu bentuk tugas dalam lingkungan lembaga pendidikan. Artinya, karya tulis ini bisa dipublikasikan kapan saja.

Essay

Essay juga tidak memiliki aturan khusus dalam publikasi. Biasanya, untuk dapat dipublikasi harus mengikuti aturan dari pihak tertentu. Dengan begitu, ketentuan serta syarat bisa dipenuhi untuk dapat dipublikasikan.

Jurnal

Salah satu perbedaan paper, makalah, essay, jurnal, dan artikel yang paling terlihat adalah publikasi. Jurnal memiliki aturan khusus dalam publikasi karena harus menunggu periode waktu tertentu, misalnya 2 kali setahun.

Artikel

Karya tulis ini juga tidak memiliki aturan khusus. Namun, setiap lembaga memiliki ketentuan sendiri yang harus dipenuhi. Hal inilah yang membuat publikasi artikel biasanya cenderung lebih mudah.


6. Proses Pengumpulan Tulisan

Paper

Dalam proses pengumpulan, biasanya diterima tidaknya paper yang kamu buat tergantung dari peminta. Oleh sebab itu, kamu perlu menyusun paper tersebut dengan benar sehingga bisa langsung diterima.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1357 seconds (0.1#10.140)