Apa Itu Paper, Makalah, Essay, Jurnal, dan Artikel? Kenali Perbedaannya

Jum'at, 28 Juli 2023 - 13:47 WIB
loading...
A A A
Makalah

Sama seperti paper, biasanya makalah bisa langsung diterima. Namun, untuk penilaian biasanya akan menunggu hingga beberapa waktu. Isi makalah akan diperiksa terlebih dahulu dan kemudian akan diberikan nilai.

Essay

Proses pengumpulan essay pada dasarnya jauh lebih mudah. Biasanya, essay akan mendapatkan penilaian setelah dilakukan pemeriksaan. Proses pengumpulannya juga terbilang cukup mudah dibandingkan dengan karya tulis lainnya.

Jurnal

Perbedaan paper, makalah, essay, jurnal, dan artikel lainnya adalah proses pengumpulannya. Beda dengan yang lainnya, pengumpulan jurnal memiliki proses yang panjang. Hal ini karena diperlukan verifikasi dari pihak tertentu.

Artikel

Karya tulis artikel ilmiah bisa dipublikasikan dalam bentuk jurnal jika telah melewati syarat dan ketentuan. Itulah mengapa dalam beberapa kasus artikel memiliki struktur penulisan yang sama dengan jurnal.

7. Jumlah Halaman

Paper

Perlu dipahami setiap karya tulis memiliki batasan minimal dan maksimal jumlah halaman. Paper sendiri memiliki batasan maksimal sebanyak 6 halaman. Ini merupakan standar yang ditetapkan banyak lembaga.

Makalah
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2339 seconds (0.1#10.140)