Apa Itu Paper, Makalah, Essay, Jurnal, dan Artikel? Kenali Perbedaannya

Jum'at, 28 Juli 2023 - 13:47 WIB
loading...
A A A

3. Sistematika

Paper

Secara sederhana, paper pada dasarnya memiliki 7 bagian pokok. Ada judul, abstrak, pendahuluan, metodologi, pembahasan, penutup, serta diakhiri dengan daftar pustaka. Untuk ketentuan penulisannya biasanya disesuaikan dengan permintaan.

Makalah

Sedangkan untuk sistematika penulisan makalah juga ada 7 bagian pokok. Dimulai dari cover judul, abstrak, daftar isi, pendahuluan, pembahasan, penutup, dan daftar pustaka. Halaman cover berisi judul serta atribusi penulis.

Essay

Berbeda dengan 2 karya tulis sebelumnya, essay hanya memiliki 3 bagian utama saja. Selain judul, hanya ada pendahuluan, isi, serta penutup. Itulah mengapa essay lebih mudah ditulis.

Jurnal

Untuk jurnal, ada 8 bagian pokok yang membangun penulisannya. Dimulai dari judul, abstrak, pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, kesimpulan, serta daftar pustaka. Jurnal biasanya memiliki status yang lebih tinggi.

Artikel

Terakhir, sistematika penulisan artikel sebenarnya cukup sederhana. Dimulai dari judul, identitas penulis, abstrak (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris), keyword, pendahuluan, metode, hasil, serta diakhiri dengan pembahasan.

4. Dasar Penulisan

Paper
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1010 seconds (0.1#10.140)