15 Jurusan Teknik yang Lulusannya Paling Dibutuhkan dan Dicari di Dunia Industri

Rabu, 13 September 2023 - 13:15 WIB
loading...
A A A
Kamu bisa berkarier di perusahaan sektor migas nasional hingga internasional seperti Pertamina, Chevron, Total, Shell, dan masih banyak perusahaan bonafide lainnya.

3. Teknik Mesin


Dunia industri sangat membutuhkan ahli permesinan untuk memaksimalkan produksinya. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari prinsip-prinsip fisika yang akan diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin.

Mahasiswa jurusan permesinan juga akan memperdalam beberapa cabang ilmu teknik mesin seperti mekanika, kinematika, teknik material, dan termodinamika.

Lulusan dari jurusan Teknik Mesin ini akan sangat dibutuhkan di berbagai macam industri, mulai dari manufaktur, teknologi, otomatif, pertambangan, dan sebagainya.

4. Teknik Industri


Berbeda dengan Teknik Mesin, di Teknik Industri kalian tidak hanya akan belajar mengenai seluk-beluk sebuah mesin manufaktur, namun juga akan mempelajari sistem manajemen sebuah industri.

Gabungan kedua ilmu itu pun membuat lulusannya gampang diterima di dunia industri, mulai dari industri kecil hingga industri besar. Kamu bisa bekerja di divisi spesialisasi teknik industri, divisi produksi, divisi engineering, divisi perencanaan biaya, hingga HRD.

5. Teknik Kimia


Jurusan ini mempelajari tentang proses dan cara mengubah bahan baku mentah dan bahan kimia menjadi sebuah produk yang bernilai secara komersial dengan memanfaatkan proses-proses kimia.

Prospek kerja dari lulusannya pun sangat luas seperti menjadi tenaga profesional di industri kimia, perminyakan, farmasi, hingga menjadi konsultan.

Baca juga: 5 Kampus dengan Jurusan Sosiologi Terbaik Dunia, No 1 Kampus Tertua di Amerika

6. Teknik Biomedik


Jurusan Teknik Biomedik adalah gabungan dari ilmu teknik (Enginering) dengan ilmu medis / kedokteran. Tujuan dari bidang ilmu ini adalah bagaimana mengembangkan teknologi yang bisa bermanfaat untuk mempermudah proses diagnosis, pengobatan, rehabilitasi, serta penyembuhan pasien.

Di luar negeri, jurusan Teknik Biomedik atau Teknik Biomedis dikenal juga dengan sebutan Biomedical Engineering.

Peluang kerja lulusan Teknik Biomedik seperti PNS di bidang kesehatan, teknisi radiologi medis, teknisi lab klinis, teknisi alat kesehatan, staf ahli informasi medis, teknisi rekam medis, guru hingga dosen.

7. Teknik Elektro


Apa itu jurusan Teknik Elektro? Teknik Elektro (Electrical Engineering) disebut juga Teknik Listrik / Elektronika. Jurusan atau program studi ini adalah bagian dari bidang teknik (engineering) yang mempelajari, mendesain dan mengaplikasikan komponen dan sistem yang memanfaatkan listrik (electricity), elektronika (electronics) dan electromagnetism.

Kalian bisa memilih bekerja sebagai teknisi komunikasi, teknisi sonar dan radar, spesialis sistem jatingan, hingga ahli robotik, hingga bekerja di industei telekomunikasi, manufaktur, pembangkit listrik, IT, hingga industri pertambangan dan perminyakan.

8. . Teknik Nuklir


Nuklir tak hanya digunakan untuk bom atom saja, melainkan nuklir juga bisa dimanfaatkan untuk bidang medis, pembangkit listrik, dan energi.

Prospek kerja di bidang ini bisa dibilang cukup menjanjikan. Kamu bisa bekerja di perusahaan pertambangan, perminyakan, dan perusahaan yang bergerak di bidang energi seperti PLN, PLTN, Pertamina, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), dan sebagainya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3796 seconds (0.1#10.140)