Ini Perbedaan IDI, KKI, dan PDSI yang Perlu Diketahui Mahasiswa Kedokteran

Rabu, 20 September 2023 - 11:44 WIB
loading...
A A A


KKI mempunyai fungsi pengaturan, pengesahan, penetapan, serta pembinaan dokter dan dokter gigi yang menjalankan praktek kedokteran, dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan medis.

Singkatnya, KKI berperan untuk mengeluarkan izin praktik dokter dan dokter gigi di Indonesia. Tugas KKI diatur dalam Pasal 7 UU Nomor 29 tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran. KKI bertugas melakukan registrasi dokter dan dokter gigi, mengesahkan standar pendidikan profesi dokter dan dokter gigi, dan melakukan pembinaan penyelenggaraan praktik kedokteran.

Profil PDSI


PDSI merupakan salah satu organisasi profesi kedokteran yang berafiliasi dengan pemerintah Indonesia lewat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Pemerintah sendiri menetapkan Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia sebagai organisasi resmi melalui surat keterangan yang diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor AHU-003638.AH.01.07.2022 mengenai pengesahan pendirian Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia.

Organisasi yang diketuai oleh mantan anggota staf khusus Menteri Kesehatan Indonesia, Jajang Edi Priyanto ini didirikan di Hotel Borobudur, Jakarta pada 27 April 2022. Pada saat yang bersamaan PDSI juga melantik beberapa dokter sebagai pengurus organisasi. Para pengurus tersebut tercatat kerap bersinggungan dengan organisasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Saat ini posisi PDSI masih sebagai organisasi kemasyarakatan (ormas) dan diatur dalam UU nomor 17 tahun 2013 tentang Ormas dan masih berdiri di bawah Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) Adapun fungsi dari PDSI adalah melaksanakan kegiatan sesuai dengan tujuan organisasi, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta keutuhan NKRI, dan memelihara nilai agama, budaya, moral, etika, dan norma kesusilaan.
(wyn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1986 seconds (0.1#10.140)