8 Contoh Pidato Hari Pahlawan Singkat dan Penuh Makna

Rabu, 08 November 2023 - 14:04 WIB
loading...
A A A

3. Menghargai Pengorbanan Para Pahlawan dan Menjaga Keutuhan Bangsa


Assalamuallaikum Wr. Wb.

Saudara-saudara dalam kesempatan yang baik ini saya ingin menyampaikan pidato berjudul Hari Pahlawan. Pidato ini bertujuan mengingatkan kita bahwa kepahlawanan, patriotisme dan nasionalisme sangat penting dalam mengembangkan negara kita.

Tanpa sikap tersebut, maka mustahil bagi kita untuk membuat negara kita bertahan hidup. Setiap tahun kita memperingati Hari Pahlawan tanggal 10 nopember ini adalah refleksi negara kita dalam menghargai sejarah masyarakat Indonesia dalam memperjuangkan melawan penjajahan.

Hari Pahlawan juga menunjukkan bahwa para pendahulu kita telah segala sesuatu dikorbankan untuk membangun negara ini. Hari Pahlawan diambil dari sejarah pertempuran di Surabaya. Itu ketika orang-orang melawan Belanda dan pasukan sekutu dengan tujuan kemerdekaan Indonesia.

Sebagai memori atas pertempuran bersejarah itu, 10 November kemudian dirayakan setiap tahun sebagai Hari Pahlawan. Pertempuran di Surabaya adalah salah satu pertempuran yang terjadi di negara kita selama memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Para pahlawan mengorbankan segalanya termasuk darah dan kehidupan mereka. Mereka berdedikasi. Kepahlawanan mereka, patriotisme dan nasionalisme mereka telah membuat Indonesia merdeka. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya.

Kita sering mendengar tentang ini. Kita tahu bahwa tanpa pengorbanan para pahlawan, tidak akan ada negara ini. Kemerdekaan Indonesia tidak diberikan oleh kolonial tersebut. Saudara-saudara, saat ini kita hidup di negara merdeka. Tidak ada lagi pertempuran melawan penjajah.

Tapi, itu tidak berarti bahwa kita berhenti berjuang. Ada banyak jenis perjuangan yang harus kita lakukan. Berjuang melawan korupsi kolusi dan nepotisme adalah beberapa contoh perjuangan. Kita harus tetap semangat kepahlawanan, patriotisme dan nasionalisme di negara ini. Itulah cara kita menghargai pahlawan kita.

Saudara-saudara, saya pikir itu yang saya sampaikan dalam pidato saya. Mari kita terus semangati pahlawan kita, mari kita lanjutkan perjuangan. Terus berjuang untuk negara kita, untuk masa depan yang lebih baik ! Terima kasih atas perhatian Anda.

Wasalamuallaikum Wr. Wb.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2673 seconds (0.1#10.140)