8 Contoh Pidato Hari Pahlawan Singkat dan Penuh Makna

Rabu, 08 November 2023 - 14:04 WIB
loading...
A A A
Tugas kita kini adalah menjaga bangsa ini agar tidak lagi mengalami penjajahan secara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan, menjaga persatuan dan kesatuan serta kedaulatan bangsa kita. Tak lupa pula untuk selalu menyertakan doa untuk para pahlawan kita agar arwahnya diterima di sisi-Nya.

Sebelum saya menutup pidato ini, marilah kita teriakkan dengan segenap jiwa raga kita 'Merdeka…!'. Semoga bangsa kita ini senantiasa dikaruniai kemerdekaan yang abadi dan kita semua selalu dalam lindungannya. Aamiin.. Sekian pidato saya, maaf atas segala kekurangan dan kepada Allah, saya mohon ampun. Wassalamualaikum Wr. Wb.

8. Semangat Hari Pahlawan untuk Terus Berjuang di Era Modern


Assalamualaikum Wr. Wb. Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Dewan Guru, serta teman-teman yang saya cintai. Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat yang telah diberikan sehingga kita dapat berkumpul pada kesempatan ini dalam kondisi baik dan sehat.

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun 2023 ini, saya ingin mengajak kita semua untuk meneladani sikap Pahlawan di era digital seperti sekarang. Dahulu, para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dengan bergerilya, membawa senjata, berjuang sampai titik darah penghabisan melawan penjajah.

Dengan perjuangan tersebut, hari ini kita dapat menikmati kondisi negara yang merdeka. Namun, apakah perjuangan telah selesai? Tidak, kita menghadapi penjajahan dalam bentuk lain, penjajahan yang lebih modern dan tidak disadari.

Penjajahan tersebut datang dari budaya hidup modern, penggunaan teknologi yang berlebihan, dan tren media sosial yang cepat berkembang. Untuk menghadapi penjajahan modern, perjuangan harus dilakukan dari mengubah pola pikir diri sendiri.

Indonesia mempunyai Pancasila sebagai dasar negara, sekaligus ideologi yang membentuk karakter bangsa. Meskipun kemajuan zaman dan tren dunia terus melaju, sebagai anak Indonesia kita tidak boleh melupakan nilai-nilai Pancasila dan sikap kepahlawanan.

Adapun contoh sikap kepahlawanan yaitu berani mengatakan yang benar, mau mendengar dan menerima pendapat orang lain, menghormati dan bertoleransi terhadap budaya, dan mengutamakan persatuan.

Sikap-sikap tersebut dapat diterapkan dalam setiap aspek kehidupan, dari lingkup pergaulan kecil hingga perkumpulan besar. Teman-temanku yang berbahagia, tanpa kesadaran kita untuk meneladani sikap kepahlawanan dan nilai Pancasila, karakter anak Indonesia dapat tergerus globalisasi.

Oleh sebab itu, mari bersama-sama kita memulai upaya perjuangan untuk mempraktikkan nilai-nilai Pancasila dan sikap kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Pahlawan masa kini tidak bergerilya dengan senjata, melainkan berjuang dengan pikiran dan tindakan yang datang dari kesadaran.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1504 seconds (0.1#10.140)