8 Contoh Pidato Hari Pahlawan Singkat dan Penuh Makna

Rabu, 08 November 2023 - 14:04 WIB
loading...
A A A
Peringatan Hari Pahlawan selalu menjadi penting karena dapat digunakan sebagai barometer tentang seberapa kuat keyakinan kita terhadap nilai-nilai kejuangan dari suatu proses kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hari Pahlawan merupakan pengingat atas jasa dan pengorbanan mereka dalam membela dan mewujudkan kemerdekaan. Hadirin yang saya hormati, Marilah kita renungkan langkah besar Bapak bangsa Indonesia seperti Soekarno, Mohammad Hatta, Wahid Hasyim, Mohammad Yamin, Abdul Kahar Mudzakkir, Agus Salim, Abikusno Tjokrosoejoso, A.A Maramis, dan Ahmad Subarjo yang merupakan Panitia Sembilan BPUPKI.

Mereka telah mewariskan lima norma dan nilai-nilai yang kemudian menjadi Pancasila sebagai dasar negara. Pancasila sebagai ideologi pemersatu bangsa juga bisa menjadi spirit kegotong-royongan dalam bermasyarakat dan bernegara.

Sebagai penutup, seperti apa kata Soekarno, "jangan sekali-kali melupakan sejarah". Jadi, teruskan perjuangan para pahlawan demi bangsa dan negara. Sekian pidato yang bisa saya sampaikan. Terima kasih atas perhatiannya. Mohon maaf apabila ada salah kata. Wassalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

7. Semangat Hari Pahlawan untuk Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa


Assalamualaikum Wr. Wb. Salam sejahtera untuk kita semua, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melimpahkan berkah serta rahmat-Nya kepada kita semua yang hadir di ruangan ini. Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala Sekolah, Yang saya hormati guru-guru, Serta teman-teman dan adik-adik yang saya sayangi dan saya banggakan.

Tak lupa pula shalawat serta salam selalu kita haturkan kepada nabi besar kita Nabi Muhammad saw. yang selalu kita harapkan syafaatnya di yaumil akhir. Pada pagi yang cerah ini kita masih diberikan usia yang panjang untuk melakukan aktivitas yang bermanfaat.

Selain itu, pada hari ini, 10 November, merupakan Hari Pahlawan. Pada Hari Pahlawan ini merupakan hari yang bersejarah, tidak hanya bagi kita sebagai masyarakat, tapi juga bagi seluruh bangsa Indonesia. Pada hari yang baik ini, marilah kita menengok kembali sejarah perjuangan para pahlawan kita.

Seperti yang kita ketahui bahwa kemerdekaan bangsa kita tidak didapat dari hasil pemberian, melainkan perjuangan. Apakah kalian masih mengingat berapa lama kita hidup di bawah tekanan penjajahan Jepang dan Belanda? Itu saja sudah cukup mengingatkan kita betapa berat penderitaan bangsa Indonesia pada zaman penjajahan.

Sekarang mari kita bayangkan, dalam kurun waktu yang sangat lama jika tidak ada para pahlawan yang rela mengorbankan pikiran, tenaga, harta, serta nyawa mereka, apakah bangsa kita ini akan menghirup aroma kebebasan dan merasakan kemerdekaan yang mutlak seperti hari ini? Mereka melawan para penjajah dengan berbagai cara, dari bergerilya hingga yang terang-terangan.

Setelah semua yang telah kita ketahui mengenai perjuangan para pahlawan kita, apakah yang hendak kita lakukan? Bersyukurlah karena hal tersebut sudah lebih dulu dilakukan oleh pemerintah kita dengan menetapkan 10 November sebagai Hari Pahlawan.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1830 seconds (0.1#10.140)