Marak Kasus Pidana Melibatkan Anak, SKSG UI Gelar Penyuluhan dan Edukasi di Bogor

Senin, 20 November 2023 - 14:41 WIB
loading...
A A A
Salah seorang peserta, Dani Medica, menanyakan tentang anak yang melakukan tindak pidana atas keinginannya sendiri, terdorong oleh faktor lingkungan. “Lalu bagaimana dengan tindak kekerasan yang dilakukan dengan motif lingkungan sekitar dan ekonomi, Bu?” tanya Dani.

Eva menanggapi dengan tegas bahwa anak tersebut tetap harus dikenai hukuman sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “Tidak ada alasan untuk kekerasan, dia kaya, dia miskin, di mata hukum sama. Nah, tugas kita bersama adalah memberikan pengetahuan tentang apa yang tidak baik dilakukan, termasuk kekerasan” pungkas Eva.

Kegiatan ini tak hanya memberikan wawasan yang berharga bagi para anggota karang taruna namun juga kepada ibu-ibu PKK dalam mendukung dan membimbing anak-anak mereka agar bertanggung jawab atas tindakan dan keputusan yang diambil.

"Kegiatan ini merupakan langkah awal dalam upaya kami untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat, khususnya para orang tua, tentang tanggung jawab hukum remaja. Semoga acara ini dapat memberikan manfaat dan menginspirasi para peserta untuk berperan aktif dalam membentuk generasi muda yang bertanggung jawab dan berintegritas," ungkap Eva.

Acara berjalan dengan lancar dan mendapatkan respons positif dari peserta, yang merupakan ibu-ibu PKK RT 01 RW 23 Bojong Gede. Para peserta aktif mengajukan pertanyaan berdasarkan pengalaman pribadi mereka, yang turut meningkatkan pemahaman dan kesadaran mereka sebagai orang tua tentang hukum dan tanggung jawab terkait tindak pidana anak yang sering kali berhubungan dengan upaya mendidik.

"Ikhtiar melalui pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat mengurangi kekerasan dan pelecehan terhadap anak, serta menciptakan lingkungan dan suasana yang aman dan nyaman bagi anak-anak," ujar Ibu Dini, salah satu peserta kegiatan.

Acara ini ditutup dengan closing statement dari Ustadzah Amriah yang memberikan langkah-langkah parenting untuk Ibu-ibu PKK dalam mendidik anak-anaknya yang menginjak masa remaja. "Sebagai orang tua, kita harus mendidik bukan mendadak dan merangkul bukan memukul. Islam memberikan tuntunan mendidik yang baik, maka kita harus menerapkannya sebagaimana mestinya," pungkasnya.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1895 seconds (0.1#10.140)