Berikut 10 Contoh Teks Kultum dalam Berbagai Tema

Selasa, 12 Maret 2024 - 09:15 WIB
loading...
A A A
Memperbanyak dzikir yang bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Memperbanyak dzikir dan mengingat Allah sangat dianjurkan di 10 malam terakhir bulan Ramadhan.

Memperbanyak istighfar dan selawat nabi, salah satu bacaan yang paling sering dan mudah diamalkan di sela-sela kesibukan.

Selawat Nabi Muhammad dapat dipahami dengan membaca artinya dan juga meresapinya saat setiap mengamalkannya. Mudah-mudahan kita dapat bertemu dengan malam yang istimewa tersebut. Amin.

9. Kultum Tema Zakat Fitrah


Alhamdulillah, Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas nikmatnya yang luar biasa, sholawat dan salam untuk junjungan kita, Nabi Muhammad saw.

Hadirin yang dimuliakan Allah Swt., zakat merupakan amalan yang wajib dilaksanakan setelah melakukan ibadah puasa Ramadan selama satu bulan penuh. Zakat yang kita tunaikan tidak akan membuat kita menjadi miskin. Justru sebaliknya dengan berzakat maka akan mensucikan harta yang kita miliki dan juga membuka pintu rejeki bagi kita yang membayar zakat.

Kita sebagai umat muslim memiliki kewajiban untuk menunaikan zakat fitrah.

Zakat fitrah wajib ditunaikan bagi semua orang kecuali mereka yang menjadi bagian dari golongan yang menerima zakat. Dengan berzakat, kita bisa membantu sesama terutama menjelang hari raya Idul Fitri untuk sedikit meringankan beban mereka.

Zakat fitrah ini hukumnya wajib bagi setiap muslim yang mampu. Kadar kemampuan di sini yaitu bila mempunyai kelebihan makanan selama sehari itu. Seperti yang diriwayatkan oleh Ibnu Ummar RA:

“Rasulullah telah mewajibkan zakat fitrah sebesar satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas hamba sahaya dan orang merdeka, laki-laki dan perempuan, kecil dan besar dari umat Islam”.

Menurut para ulama, zakat fitrah harus dengan bahan makanan pokok, tidak boleh diganti dengan uang kecuali sangat darurat sekali. Karena pada zaman Rasulullah dan para sahabat tidak ada zakat fitrah yang menggunakan uang, padahal pada saat itu sudah ada uang. Sehingga berzakat dengan makanan pokok lebih utama karena hal tersebut sebagaimana contoh dari Rasulullah.

Mengeluarkan zakat merupakan salah satu sifat orang-orang yang berbakti dan penghuni surga, sebagaimana firman Allah dalam Alquran:
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3194 seconds (0.1#10.140)