Berikut 10 Contoh Teks Kultum dalam Berbagai Tema

Selasa, 12 Maret 2024 - 09:15 WIB
loading...
A A A
“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (jannah) dan di mata air-mata air, sambil mengambil apa yang diberikan kepada mereka oleh Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik. Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam, dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah). Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian.” (QS. Adz-Dzariyat ayat 15-19).

Mengeluarkan zakat adalah salah satu sifat kaum Mukminin yang berhak mendapatkan rahmat Allah. Di dalam Al-Qur'an Allah berfirman “Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebagian mereka (adalah) menjadi penolong sebagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan mereka taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah.” (QS. At-Taubah ayat 71)

Allah akan mengembangkan dan menyuburkan harta zakat bagi orang yang mengeluarkan zakat seperti yang sudah dijelaskan oleh Allah Swt. dalam firmannya “Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah.” (QS. Al-Baqarah ayat 276)

Zakat adalah kewajiban kita kepada Allah, untuk membersihkan jiwa kita. Tanggung jawab yang musti dilaksanakan. Kita memohon kepada Allah agar senantiasa membersihkan hati, jiwa dan fikiran kita dengan senantiasa beramal, bersadaqah, berinfaq dan mengeluarkan zakat, khususnya di bulan Ramadan yang penuh berkah ini.

10. Kultum Tentang Pentingnya Waktu


Alhamdulillah, segala puji bagi Allah, Tuhan yang maha esa yang sudah memberikan berbagai rezeki dan kemudahan sehingga kita bisa berkumpul di hari yang insyaallah diberkahi-Nya.

Tidak lupa, selawat serta salam mari kita kirim kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam seorang teladan sejati dan tokoh yang wajib kita teladani.

Lewat kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin berterima kasih kepada panitia atau pihak penyelenggara yang sudah memberikan saya waktu untuk memberikan kultum singkat.

Kultum yang saya akan sampaikan berjudul: Manusia yang lalai dengan waktu.

Mengenai waktu, semua manusia di bumi ini mempunyai durasi yang sama, yakni 24 jam dalam sehari.

Namun yang membedakan, ada orang yang memanfaatkan waktu sebaik mungkin, ada pula orang yang abai atau lalai dengan waktu.

Orang yang lalai ini merasa, hidupnya panjang dan bisa melakukan berbagai kebaikan di lain hari.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7135 seconds (0.1#10.140)