Cerita Maya Nabila, Wisudawan Termuda Raih Gelar Doktor di ITB pada Usia 24 Tahun

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:50 WIB
loading...
A A A
Baca juga: Wisudawan UI Peraih IPK 4 Asal Bali Sandang Gelar Doktor di Usia 26 Tahun

Selain itu, Maya berkesempatan untuk melakukan pertukaran pelajar atau student exchange selama empat bulan di Technical University of Košice, Slovakia.

Tips dari Maya


Maya juga ingin membagikan tips kesuksesan yang telah ia rengkuh. Pertama, kata dia, motivasi yang kuat diperlukan sehingga bisa tahan banting dan tak mudah menyerah ketika menemui masalah.

"Tips kedua, fokus pada tujuan dan jangan banyak menunda serta menyia-nyiakan waktu," ucap Maya.

Kemudian cari juga lingkungan dan teman yang suportif karena kadang masalah tak bisa diselesaikan sendiri namun diperlukan masukan dan saran orang lain.

Tips keempat dari Maya adalah jangan membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain, melainkan bandingkanlah dengan diri kita kemarin.

"Tips terakhir adalah banyak-banyak berdoa agar dipermudah urusannya," lanjutnya.

Terkhusus untuk para perempuan, Maya menyampaikan pesan bahwa jangan takut untuk menempuh pendidikan setinggi mungkin dan selalu berusaha fokus meningkatkan value diri.

"Walaupun banyak yang bilang kalau perempuan tidak perlu sekolah tinggi bila ujungnya hanya mengurus rumah. Perempuan berpendidikan tinggi itu keren karena anaknya akan dididik oleh orang yang luar biasa,” pungkasnya.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1479 seconds (0.1#10.140)