10 Contoh Teks Fiksi Berbagai Tema Beserta Strukturnya, Cocok untuk Tugas Sekolah

Jum'at, 13 September 2024 - 16:01 WIB
loading...
A A A
Reorientasi:

Kisah di atas memberikan sebuah pesan bahwa menikahi ibu sendiri adalah hal yang dilarang dalam agama dan norma masyarakat. Cerita di atas juga penting sebagai pengingat untuk mengendalikan amarah.

7. Contoh Teks Fiksi tentang Melestarikan Budaya Lokal


Orientasi:

Kakek Wayan, seorang pembuat topeng Bali yang sudah berumur, khawatir keahliannya akan punah karena generasi muda lebih tertarik pada teknologi modern.

Urutan Kejadian:

Suatu hari, cucu Kakek Wayan bernama Putu, mengunjunginya dan tertarik pada proses pembuatan topeng. Pak Wayan mengajarkan Putu seni pembuatan topeng, sementara Putu membantu kakeknya untuk memasarkan karyanya secara online. Dengan adanya kolaborasi lintas generasi ini tidak hanya menyelamatkan warisan budaya, tetapi juga membawa kesejahteraan baru bagi komunitas pengrajin lokal.

Reorientasi:

Kisah mereka menunjukkan bahwa tradisi dan modernitas dapat berjalan beriringan untuk melestarikan warisan budaya.

8. Contoh Teks Fiksi tentang Perjuangan Pendidikan di Daerah Terpelosok


Orientasi:

Di sebuah desa terpencil di Papua terdapat seorang guru yang giat dalam memberikan pendidikan di desa tersebut. Pria itu memiliki nama Yohanes.

Urutan Kejadian:

Yohanes selalu berjuang untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak di daerah setempat. Dengan sumber daya terbatas, ia mengajar di bawah pohon besar, menggunakan batu dan ranting sebagai alat tulis. Meskipun menghadapi tantangan cuaca dan keterbatasan materi, semangat belajar anak-anak membakar semangatnya. Setelah viral di media sosial, bantuan mulai berdatangan. Dalam setahun, sebuah sekolah sederhana berdiri di desa tersebut.
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1946 seconds (0.1#10.140)