Dorong Kemajuan Bahasa, Mendikbud Luncurkan UKBI Adaptif Merdeka

Jum'at, 29 Januari 2021 - 16:09 WIB
loading...
Dorong Kemajuan Bahasa, Mendikbud Luncurkan UKBI Adaptif Merdeka
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mendikbud Nadiem Anwar Makarim resmi meluncurkan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka. Dia berharap UKBI inipun dapat memberi sejumlah dampak positif untuk perkembangan bahasa Indonesia.

Mendikbud menjelaskan, Kemendikbud melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa memiliki komitmen tinggi dalam kemajuan bahasa dan sastra. Saat ini, katanya, telah dilakukan berbagai inovasi dalam pengembangan, pembinaan dan peningkatan fungsi bahasa Indonesia yang diharap bermuara pada layanan profesional bidang bahasa dan kesastraan.

Nadiem menjelaskan, UKBI merupakan instrumen uji untuk mengukur kemahiran berbahasa Indonesia bagi penutur bahasa asing. Pada 2020 dilakukan uji coba instensif kepada 2.190 peserta sehingga Badan Bahasa Pun telah melahirkan sistem UKBI adaptif seiring dengan pengembangan iptek.

"Pengembangan UKBI adaptif merupakan bentuk keberhasilan pemerintah dalam kemajuan pengembangan bahasan dan sastra melalui lompatan dalam hal desain dan layanan uji," katanya pada peluncuran UKBI Adaptif Merdeka secara daring pada Jumat (29/1).

Mantan petinggi Gojek ini berharap, UKBI adaptif ini akan memberikan dampak positif kepada penutur bahasa Indonesia dari berbagai kalangan. Dalam meningkatkan aspirasi dalam memahami dan mempelajari bahasa Indonesia ini.

Selain itu, alumnus Harvard Business School ini berharap, juga untuk bisa menghasilkan karya tulis dan digital berbahasa Indonesia. Dan juga melibatkan diri dan berpartisipasi aktif dalam membawa Indonesia ke kancah internasional.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1891 seconds (0.1#10.140)