5 Penerbit Buku yang Menerima Naskah Penulis Pemula

Minggu, 05 September 2021 - 14:38 WIB
loading...
5 Penerbit Buku yang Menerima Naskah Penulis Pemula
Sejumlah orang mengunjungi pameran buku di Jakarta. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pandemi bukan dijadikan halangan melainkan tantangan untuk menciptakan sebuah inovasi ataupun ide baru dalam menghasilkan suatu karya. Salah satunya menjadi penulis .

Bagi kalian yang suka menulis, jangan hanya menyimpan karyamu untuk pribadi. Sebab di tanah air ada banyak penerbit yang menerima naskah tulisan.



Siapa tahu, tulisan yang awalnya hanya iseng dibuat ketika harus berdiam diri di rumah di masa pandemi ini malah bisa diterbitkan sebagai buku dan menjadi sumber penghasilan.

Dari sekian banyak penerbit buku di tanah air yang menerima pengiriman naskah, kami sediakan 5 penerbit diantaranya yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Gramedia Pustaka Utama
Mengutip laman Gramedia Pustaka Utama, Didirikan tahun 1974, Gramedia Pustaka Utama merupakan bagian dari Kompas Gramedia, jaringan media terbesar di Indonesia. Fokus terbitannya kepada 12 bidang utama: Fiksi Dewasa, Fiksi Remaja, Fiksi Anak, Sastra - Literatur, Bisnis Ekonomi, Social Science, Pengembangan Diri, Kamus & Referensi, Boga, serta Busana & Kecantikan.

Selama lebih dari 40 tahun penerbit Gramedia Pustaka Utama telah menjadi rumah bagi banyak penulis dan buku-buku terbaik di Indonesia. Beberapa nama penulis seperti Ahmad Tohari, Eka Kurniawan, Ahmad Fuadi, Marga T., Alberthiene Endah, Clara Ng., Agustinus Wibowo, Hermawan Kertajaya, Franz Magnis-Suseno, serta penulis internasional seperti Enid Blyton, Paulo Coelho, J.K. Rowling, Agatha Christie, J.R.R. Tolkien, Malcolm Gladwell, Dale Carnegie mempercayakan karyanya untuk selalu diterbitkan melalui Gramedia Pustaka Utama.

Ketentuan pengiriman naskah ke Gramedia Pustaka Utama hanya dapat dilakukan melalui Gramedia Digital Publishing System yang dapat diakses melalui https://dps.gramedia.com



2. Mizan Pustaka
Mengutip laman Mizan, Mizan Pustaka merupakan bagian dari Mizan Publika Group, salah satu penerbitan terbesar di Indonesia. Didirikan pada tahun 1983, publikasi awal terutama berupa buku terjemahan karya para pemikir terkemuka.

Kini, Mizan Pustaka adalah penerbit yang berbasis luas dengan kekuatan dalam genre fiksi, kesehatan, buku bisnis, buku anak-anak, referensi, agama, dan non-fiksi populer.

Sebagai salah satu penerbit terkemuka di Indonesia, Mizan Pustaka membawa sejarah penerbitan yang membanggakan. Dari hanya tiga buku per bulan pada tahun-tahun pertamanya, Kelompok Mizan kini telah memproduksi total sekitar 600 buku per tahun dan berhasil menerbitkan banyak karya laris. Di dalam kelompok penerbitannya terdapat beberapa imprint dan lini seperti Qanita, Kaifa, Mizania, dan DAR! Mizan untuk buku anak dan remaja.

Mizan juga menerima naskah fiksi dan non fiksi. Redaksi hanya menerima naskah yang dikirim dalam bentuk hardcopy (print). Lengkapi dengan surat pengantar dan CV penulis.

Kirim naskah dalam amplop coklat ke alamat penerbit Redaksi Mizan di Jalan Cinambo No. 135, Cisaranten Wetan, Bandung 40294, Indonesia.

Lebih jelas mengenai kriteria naskah, ketentuan halaman dan syarat lain bisa mengakses ke laman mizanpublishing.com.

3. Bentang Pustaka
Dijelaskan di laman Bentang Pustaka, Bentang Pustaka masuk dalam kelompok Mizan pada 2004 dan telah menerbitkan ribuan karya penulis Indonesia maupun luar negeri.

Bentang Pustaka telah melahirkan banyak best seller. Diantaranya adalah Laskar Pelangi dari Andera Hirata, juga buku-buku terlaris dari penulis ternama Dewi Lestari atau Dee.

Bentang Pustaka menerima kiriman naskah fiksi dan non fiksi yang bisa dikirim melalui surel ke redaksi@bentangpustaka.com. Penerbit akan memberikan surel konfirmasi bahwa naskah yang dikirim sudah diterima dengan baik.

Apabila ingin mengirim naskah dalam bentuk hardcopy maka bisa dikirim ke PT Bentang Pustaka, Jl. Palagan Tentara Pelajar, No.101, Jongkang RT 004 RW 035, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, DI Yogyakarta, 55281.

Kamu bisa membaca kriteria dan format pengiriman naskah di laman bentangpustaka.com.

4. Penerbit Erlangga
Melalui lamannya, Erlangga Group telah berdiri sejak 30 April 1952 yang mulanya hanya menerbitkan buku-buku pelajaran saja. Namun semakin bertambahnya usia, Erlangga semakin dikenal dengan tingginya kualitas dan kayanya ragam buku yang diterbitkan.

Produk yang dihasilkan Erlangga Group terbilang luas. Mulai dari buku pelajaran, buku anak, fiksi, non fiksi, dan juga majalah.

Naskah yang dikirim ke Penerbit Erlangga bisa dalam bentuk print out atau CD ke alamat departemen Editorial Penerbit Erlangga, Jl. H. Baping No. 100, Ciracas Jakarta Timur 13740 U.p.: Regina Sari Theresia atau ke alamat email: naskah@erlangga.co.id dan erlangga.naskah@gmail.com.

Untuk kriteria naskah dan juga kategori naskah yang bisa dipilih bisa mengakses laman erlangga.co.id

5. Penerbit Republika
Mengutip dari laman Republika Penerbit, penerbit ini lahir di 2002. Secara kelembagaan, Republika Penerbit merupakan salah satu unit usaha yang tergabung dalam Republika Grup.

Novel Ayat-Ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy yang menjadi best seller dan telah diadaptasi ke dunia film lahir dari penerbit ini. Penulis yang bekerjasama dengan Penerbit Republika lainnya seperti Tere Liye, Asma Nadia, Hanum Rais, Fahd Pahdepie dan masih banyak lagi.

Untuk pengiriman naskah bisa langsung mengakses menu pengiriman naskah di laman resminya di buku.republika.id.

Itulah 5 penerbit buku yang bisa dijadikan destinasi pengiriman naskah. Selamat mencoba.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1618 seconds (0.1#10.140)