6 Pilihan Profesi buat Lulusan Teknik Informatika

Sabtu, 30 Oktober 2021 - 11:45 WIB
loading...
A A A
Ahli dalam merancang, mengembangkan dan memelihara website sebuah organisasi atau perusahaan dan bertanggung jawab secara teknis terhadap operasional pada sebuah situs web. Biasanya profesi ini banyak dicari oleh perusahaan khusus dalam pengembangan IT dan konsultasi komputer.

3. Software Engineer

Software engineer merupakan seorang insinyur perangkat lunak yang menerapkan prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak yang ditujukan untuk desain, pengembangan, pemeliharaan, pengujian, dan evaluasi perangkat lunak.

Software engineer memiliki tugas untuk melakukan analisa, membuat rekayasa, menyusun spesifikasi, mengimplementasikan dan memvalidasi suatu rancangan sistem perangkat lunak untuk menjawab sebuah permasalahan, juga kemampuan untuk mengembangankan dan mengoperasikan perangkat lunak.

Software engineer dewasa kini memang sangat dibutuhkan banyak perusahaan. Saat ini seluruh aspek perusahaan pun akan membutuhkan seorang software engineer untuk menunjang perangkat yang dimiliki agar segala kegiatan atau aktivitas perusahaan lebih efektif dan efisien. Ahli ini dibutuhkan di semua lini industri.

4. Database Engineer/Database Administrator

Profesi yang mengatur dan mengelola proses arsitektur data pada sebuah perusahaan. Yang mana, infrastruktur tersebut dapat berupa basis data (database), pipeline, atau warehouse. Skill yang dimiliki ialah merancang, mengelola, dan memelihara basis data yang dimiliki perusahaan.

Membangun sistem dan infrastruktur tersebut berkaitan dengan volume data yang berjumlah dan berukuran cukup besar. Jumlah kebutuhan data yang semakin besar tidak mungkin dapat ditampung dengan hanya bermodalkan infrastruktur konvensional saja.

Oleh karena itu, mereka ditugaskan untuk membangun sekaligus merancang informasi untuk kepentingan bisnis dan pengembangan produk perusahaan.

5. Game Developer
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2675 seconds (0.1#10.140)