Ini 10 Kebiasaan yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan

Kamis, 09 Desember 2021 - 19:14 WIB
loading...
A A A
3. Makan Makanan Kaya Nutrisi
Beberapa jenis nutrisi yang direkomendasikan untuk meningkatkan fungsi otak adalah lemak omega 3, flavonoid, dan vitamin K. Sebuah studi di tahun 2017 mengungkap, komponen terbesar dalam otak adalah lemak omega 3. Kalian bisa mendapatkannya dari sederet makanan ini:
- Alpukat
- Kacang
- Rumput laut
- Ikan berlemak
- Kerang

Sementara itu, flavonoid dapat diperoleh melalui:
- Buah jenis beri
- Teh
- Kokoa
- Kedelai
- Gandum

Selanjutnya, vitamin K yang bermanfaat untuk mempertahankan sel otak dapat diperoleh dari sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kale.

4. Bermain Alat Musik
Beberapa keterampilan dapat diasah melalui permainan alat musik, yakni persepsi audio, koordinasi motorik, memori, dan kemampuan mengenali pola. Sebuah studi di tahun 2013 juga mengatakan, kebiasaan bermain musik dapat mendorong kemampuan sensorik dan kognitif.

5. Membaca
Ada sebuah penelitian pada tahun 2015 yang menunjukkan, ketika seseorang membaca, seluruh bagian di otaknya akan terstimulasi dan neuron-neuron di dalamnya akan saling terkoneksi. Ini karena kegiatan membaca mencakup sejumlah fungsi kognitif, yaitu prediksi, fokus, memori jangka panjang, analisis abstrak, dan sebagainya.

Saat membaca, bagian-bagian dalam otak yang berfungsi dalam penalaran dapat saling terhubung dan manfaatnya dapat dirasakan hingga beberapa hari. Artinya, ada efek jangka panjang yang didapatkan.

6. Terus Menerus Belajar
Belajar secara berkelanjutan dikatakan dapat menaikkan fungsi kognitif sekaligus melindungi otak. Beberapa kegiatan belajar yang bisa dilakukan dengan mudah misalnya:
- Mendengar podcast
- Menghadiri workshop atau seminar
- Melakukan hobi baru
- Belajar bahasa baru
- Membaca suatu topik baru.

Belajar secara berkelanjutan dikatakan dapat menaikkan fungsi kognitif sekaligus melindungi otak. Beberapa kegiatan belajar yang bisa dilakukan dengan mudah, misalnya:
- Mendengar podcast
- Menghadiri workshop atau seminar
- Melakukan hobi baru
- Belajar bahasa baru
- Membaca suatu topik baru.

7. Bersosialisasi
Ternyata, bersosialisasi juga dapat mempertajam kesehatan mental. Kenapa demikian?
Penelitian di tahun 2018 menyatakan, kegiatan bersosialisasi dapat menstimulasi pikiran. Kegiatan bersosialisasi yang dimaksud juga ada banyak bentuknya, misalnya mengambil kursus, bergabung dengan kegiatan relawan, silaturahmi dengan teman lama, nongkrong dan sebagainya.

8. Meditasi
Studi yang dilakukan di tahun 2019 menghasilkan kesimpulan, pasca partisipan melakukan meditasi 13 menit selama 8 minggu, ada peningkatan fokus, memori, dan rekognisi. Lalu, gangguan kecemasan dan suasana hati juga semakin baik. Para peneliti menduga, manfaat kognitif tersebut didapat dari perbaikan emosional melalui meditasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1744 seconds (0.1#10.140)