Dosen UGM Rancang Teknologi Big Data dan Cloud Computing untuk Mitigasi Covid-19

Rabu, 16 Maret 2022 - 18:17 WIB
loading...
A A A
Tak hanya itu, sejak 2020 bersama tim Big Data Energy mengembangkan platform big data management untuk sektor energi di Indonesia yakni Gamabox Explorer. Platform tersebut menjadi produk riset sistem big data manajemen energy yang digunakan dan sesuai dengan standar internasional pengelolaan data minyak dan gas (PPDM Standard).

GamaBox Explorer menyediakan hasil analisis produksi dan prediksi minyak dan gas dengan menggunakan pendekatan big data dan artificial intelligence yang advance sehingga memudahkan industri dalam merencanakan eksplorasi dan eksploitasi.

Pada 2021 ini, GamaBox Explorer juga telah dikembangkan untuk menjadi platform analisis di area batubara, dan telah dihasilkan analisis klasifikasi kualitas batubara dan Underground Coal Gasification (UCG).

Baca juga: Unhan Gelar Wisuda untuk 428 Mahasiswa S2 dan S3 pada Dies Natalis Ke-13

Mardhani menyampaikan, teknologi big data dan cloud computing saat ini memainkan peran besar dan vital dalam transformasi digital, memungkinkan inovasi data dan aplikasi berkembang dengan sangat pesat. Sayangnya, Indonesia masih menjadi negara yang bergantung pada impor untuk penyediaan layanan tersebut. Peneliti dan pengembang di tanah air hanya menggunakan tools teknologi yang tersedia dan menggunakannya untuk mendukung aplikasi yang digunakan.

Kondisi ini memunculkan kerisauan bagi Mardhani akan fakta bahwa Indonesia belum merdeka dan mandiri untuk bisa mengembangkan teknologi big data dan cloud computing dari dalam negeri sendiri. Hal tersebut menggerakkannya untuk mendalami dan melakukan pengembangan dasar sampai aplikatif teknologi utama di big data dan cloud computing.

Ia mulai melakukan riset dan pengembangan sejak 2013. Dalam mengembangkan teknologi big data dan cloud computing ia dan tim menggunakan fasilitas Laboratorium Riset Sistem Komputer dan Jaringan di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UGM.

Penelitian dimulai dengan membangun fasilitas komputasi terdistribusi (kluster) dengan memanfaatkan komputer-komputer tidak terpakai berspesifikasi rendah. Meski dengan spesifikasi yang seadanya, fasilitas komputasi ini dapat bekerja efisien untuk melakukan pemrograman paralel dan menjadi rintisan awal komputer kluster di UGM yang dinamai GamaBox.

Lalu ia mengembangkan GamaBox-Lego yang merupakan mini komputer kluster dikemas dengan brick permainan lego sehingga mudah dikustomisasi bentuk yang ditujukan untuk media pengenalan komputer kluster ke masyarakat dan siswa sekolah. Selanjutnya mengembangkan GamaBox Wisanggeni yaitu komputer kluster yang lebih canggih terdiri dari 32 nodes kluster dengan single board computer. GamaBox Wisanggeni ini dibuat dengan 3 versi yang mampu menjalankan komputasi secara paralel dan pemrosesan big data secara cepat.

“GamaBox Wisanggeni ini menjadi prototipe dari teknologi cloud computing dan big data yang operasional untuk pemrosesan ilmiah dan kebutuhan industri saat ini,” terangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1021 seconds (0.1#10.140)