Tekuni Bisnis Restorasi Motor Retro, Mahasiswa UNY Ini Mampu Biayai Kuliahnya Sendiri

Senin, 18 April 2022 - 21:16 WIB
loading...
A A A
Putra pasangan Windu Nurdiantoro, seorang wiraswasta dan Ndari Apriani (almh) tersebut mengemukakan, setiap bulannya dia hanya menerima maksimal 4 unit sepeda motor untuk direstorasi, karena membutuhkan ketelitian dan kecermatan dalam pengerjaannya.

Dana mematok harga sekitar Rp4 juta dalam merestorasi satu unit kendaraan, sudah termasuk biaya cat, bongkar pasang dan setting kendaraan. Namun di luar biaya penggantian suku cadang. Mahasiswa yang diterima di UNY melalui jalur SNMPTN itu mengatakan untuk suku cadang bisa dibeli pada beberapa toko suku cadang di Yogyakarta maupun di sekitar Jawa seperti di Bandung, Semarang atau Jawa Timur, namun juga dapat dibeli secara online.

Bengkel restorasi milik Dana Brata diberi nama yang unik yaitu Bebek Restorasi yang dapat dikontak melalui Instagram @bebekrestorasi. Dalam merestorasi motor-motornya Dana dibantu oleh 2 orang rekannya. Lama pengerjaan sekitar 1 bulan, namun apabila semua suku cadang telah tersedia pengerjaannya dapat dilakukan hanya selama 2 minggu.

Dengan usaha ini Dana dapat mencukupi kebutuhan sehari-harinya bahkan bisa membayar uang kuliahnya secara mandiri. Sekarang ini warga Gesikan Sidoarum Godean Sleman itu sedang mengajukan tambahan modal usaha melalui Program Mahasiswa Wirausaha (PMW).

PWM merupakan program Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek yang pelaksanaannya didelegasikan pada perguruan tinggi dimana mahasiswa secara individu maupun kelompok yang mempunyai minat dan bakat berwirausaha dipacu untuk memulai usahanya dengan berbasis iptek yang telah dipelajari.

Hal ini sesuai dengan upaya UNY pada agenda pembangunan berkelanjutan dalam hal pendidikan bermutu, mengurangi kemiskinan, pembangunan ekonomi dan inovasi industri.

Salah satu konsumen, Djoko Heris mengatakan, dia sudah beberapa kali merestorasi tunggangannya di bengkel ini. Djoko menceritakan, sekarang ini sedang merestorasi 3 unit kendaraan yaitu 2 buah Astrea Prima dan 1 buah Honda Legenda.

Pengusaha di bidang kelapa sawit dan perhotelan tersebut mengaku sering merestorasi kendaraannya di sini di antaranya Astrea Grand dan Honda C70 dengan tujuan untuk dikoleksi. “Namun apabila harga penawarannya cocok kami jual juga,” katanya.

Djoko mengatakan, kendaraan hasil restorasinya di bengkel milik Dana ini pernah menang kontes motor klasik pada Maret 2022 lalu yaitu Astrea Grand mendapat juara 1, Astrea Prima juara harapan 4 dan Honda Legenda juara harapan 5. Djoko juga mengaku punya koleksi langka yaitu Astrea Prima berwarna biru original paint yang pernah ditawar hingga Rp23 juta namun belum dilepaskannya.
(nz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3856 seconds (0.1#10.140)