Ingin Menjadi Programmer Otodidak yang Handal? Begini Caranya

Senin, 18 April 2022 - 21:14 WIB
loading...
A A A
6. Biasakan Praktik Secara Langsung

Setiap bidang keilmuan tentu harus dipraktikkan, karena apa gunanya paham teori tanpa praktik secara langsung. Apalagi bagi seorang programmer, praktik menjadi kewajiban agar kemampuan yang dimiliki bisa berkembang. Di awal-awal praktik, mungkin Anda akan menemui beberapa kesalahan.

Hal itu tidak menjadi masalah karena melalui kesalahan yang Anda lakukan akan menjadi bahan koreksi di kemudian hari. Tidak ada ahli yang terlahir langsung dengan kemampuan, begitupun seorang programmer. Konsisten praktik menjadi kunci keahlian mereka.

7. Evaluasi Hasil

Dari hasil praktik yang dilakukan tentu Anda akan menemui beberapa kesalahan. Kesalahan tersebut bisa menjadi bahan evaluasi yang perbaikan selanjutnya. Jangan juga berpuas diri ketika berhasil membuat sebuah program, teruslah belajar dan melakukan evaluasi terhadap hasilnya. Bisa saja program yang Anda buat mengalami debug sehingga perlu perbaikan lebih lanjut.

Apabila Anda sudah berusaha memperbaikinya tapi tidak kunjung berhasil maka saatnya bertanya kepada ahli. Mereka akan memberikan evaluasi terhadap program yang sudah Anda buat. Jadikan masukan ahli sebagai pelajaran berharga. Dengan senantiasa melakukan evaluasi hasil, tidak hanya kemampuan melakukan pemrograman saja yang meningkat tetapi juga kemampuan pemecahan masalah Anda.

8. Bergabung dengan Komunitas Programmer

Kebanyakan orang akan semakin semangat belajar jika berada di lingkungan yang satu frekuensi dengan mereka. Itulah pentingnya tergabung dalam komunitas agar Anda tetap bersemangat belajar dan meningkatkan skill.

Tergabung dalam komunitas memungkinkan Anda mudah bertukar pikiran dengan programmer lainnya, apalagi jika kemampuan mereka lebih daripada Anda. Peluang untuk mendapat proyek juga lebih tinggi karena biasanya antar komunitas kerap membagikan info lowongan pekerjaan.

9. Jangan Mudah Menyerah
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1444 seconds (0.1#10.140)