Webinar Unair: Strategi Hadapi Psikotes dan Kiat Menjawab Soalnya

Sabtu, 04 Juni 2022 - 16:37 WIB
loading...
A A A
Aspek Kecerdasan

Steffi dan Agnez mengungkapkan bahwa tipe soal ini merupakan soal yang bisa dilatih. Oleh karena itu mereka menyarankan untuk memperbanyak melakukan latihan dan studi kasus. Tipe soal yang diberikan umumnya menggunakan soal logika, numerik, dan analitik untuk mengukur kemampuan kognitif seseorang.

“Kalian bisa memanfaatkan platform game seperti sudoku, TTS atau permainan game logika menggunakan ponsel kalian. Selain itu kalian juga bisa belajar mengerjakan soal-soal yang ada,” terangnya.

Aspek Kepribadian

Soal kepribadian digunakan untuk menilai karakter seseorang melalui jawaban dari soal yang diberikan. Steffi dan Agnez menjelaskan, dalam soal ini tidak ada benar dan salah dan tidak dibatasi waktu. Tips untuk menghadapi soal ini adalah dengan mengerjakannya secara jujur sesuai dengan diri masing-masing.

“Karena jika kita mengarang karena ingin terlihat bagus maka akan membuat hasil tes tidak konsisten dan tidak bisa dibaca,” jelas Steffi.

Aspek Sikap Kerja

Dalam penilaian ini seseorang akan dihadapkan pada soal yang cukup beragam. Biasanya untuk menilai kemampuan seseorang berkonsentrasi, ketelitian dan kemampuan kerja dalam tim. Untuk menghadapinya, Agnez dan Steffi menuturkan untuk konsentrasi terhadap instruksi yang diberikan. Karena ada beberapa kasus, soal yang diberikan sama namun cara pengerjaanya berbeda.

“Jadi meskipun kalian pernah mengerjakan di lain tempat tetap perhatikan instruksi assessor. Selain itu, lanjutnya, jangan lupa lakukan refleksi terhadap gaya kerja kita. Jangan sampai nanti ketika sudah diterima, ternyata gaya kerja perusahaannya tidak sesuai dengan kita kan, kalian sendiri yang repot,” jelasnya.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7983 seconds (0.1#10.140)