Seleksi Mandiri UPI Bisa Pakai Nilai UTBK, Ini Info Lengkapnya

Selasa, 28 Juni 2022 - 09:41 WIB
loading...
A A A
- Pendaftar yang memilih program studi Pendidikan IPA (International Program on Science Education/IPSE) mampu berbahasa Inggris secara aktif (perkuliahan diselenggarakan dalam Bahasa Inggris)
- Pendaftar yang memilih program studi Ilmu Pendidikan Agama Islam mampu membaca Al Qur’an

1. Ketentuan Pendaftaran
- Pendaftar SM UPI dapat memilih 2 (dua) Program Studi pada kelompok bidang minat yang sama, yakni Bidang Minat Kependidikan atau Non-Kependidikan dan Minat Saintek atau Soshum.
- Pendaftaran dilakukan secara onlinepada laman https://pmb.upi.edu
- Uang yang sudah disetor ke bank tidak dapat diminta kembali.
- Setiap pendaftar hanya diberikan satu kali kesempatan untuk melakukan pendaftaran secara daring (online).
- Jika peserta ingin mengubah kembali pilihan program studi setelah proses pendaftaran selesai dilakukan, maka pendaftar harus melakukan proses dari awal serta melakukan pembayaran uang pendaftaran kembali ke bank.
- Mengisi Form Pernyataan Kesediaan Membayar Biaya Pendidikan dan mengunggahnya pada proses pendaftaran SM UPI.

3. Mekanisme Pendaftaran

a. Ambil Nomor Bayar
Peserta dapat meng-klik tombol "Ambil No Bayar" yang disediakan kemudian isikan data yang diminta untuk memperoleh nomor bayar.

b. Bayar Biaya Pendaftaran
Setelah mendapatkan Nomor Bayar, pendaftar menyetorkan biaya pendaftaran dan seleksi masuk melalui Teller Bank Negera Indonesia (BNI) Persero Tbk. di cabang manapun atau dengan metode lain (seperti e-Banking dan melalui ATM) dengan menyebutkan/memasukkan Nomor Bayar PMB SM UPI). Setelah biaya disetorkan, peserta akan mendapatkan bukti pembayaran dan PIN.

Baca juga: UI Raih Penghargaan Tertinggi Liga Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum

c. Lengkapi Biodata sampai Memperoleh Nomor Seleksi
Lengkapi biodata dengan cara log-in menggunakan nomor bayar dan PIN yang diperoleh, lanjutkan pengisian form sampai memperoleh nomor seleksi.

d. Cetak Kartu Peserta dan Cek Lokasi Ujian Daring
Peserta harus mencetak kartu peserta (secara fisik ataupun disimpan dalam file pdf) untuk diperlihatkan kepada pengawas saat pelaksanaan ujian. Kartu Peserta akan digunakan untuk syarat mengikuti ujian.

e. Cek Informasi Ujian
Peserta diharapkan dapat selalu mengakses laman https://pmb.upi.edu dan akun pendaftaran masing-masing untuk mendapatkan informasi terbaru terkait ujian. Peserta juga dapat melihat informasi hasil tes seleksi melalui laman http://app.pmb.upi.edu/sm-s1/ pada akun pendaftaran masing-masing.

4. Materi Ujian
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2519 seconds (0.1#10.140)