UIII Mulai Membuka Kuliah S3, Mahasiswanya Diberi Beasiswa Penuh 

Selasa, 27 September 2022 - 09:16 WIB
loading...
A A A
Pembukaan Kuliah Doktoral S3 dengan Beasiswa Penuh

Pada Juni 2022, UIII membuka dua fase pendaftaran calon mahasiswa baru untuk program S2 (Magister) dan S3 (Doktoral) melalui program UIII Scholarship. Program ini terbuka untuk calon mahasiswa dari dalam maupun luar negeri.

Selama masa pendaftaran fase pertama dari 15-30 Juni 2022 sampai dengan fase kedua 1-23 Juli 2022, sekitar 1500 orang dari berbagai penjuru dunia telah melamar UIII scholarship ini. UIII bekerjasama dengan berbagai kementerian dan lembaga, serta sejumlah kedutaan besar di Jakarta untuk menyebarkan informasi program beasiswa penuh.

Calon mahasiswa pelamar ini berasal dari berbagai kota dan provinsi di Indonesia dan lebih dari 50 negara, dengan komposisi 65% persen berasal dari Indonesia dan 35% persen dari mancanegara.
Jika dilihat dari jumlah maupun sebaran negara, angka ini memperlihatkan peningkatan ketersebaran informasi dan atensi masyarakat dalam dan luar negeri kepada UIII.

Dengan angka selectivity ratio di bawah 10 persen, UIII di awal kelahirannya telah menunjukkan diri sebagai universitas internasional yang sangat kompetitif.

Dalam proses seleksi, UIII menerapkan kebijakan non-diskriminasi atas dasar ras, agama, etnis, jenis kelamin, disabilitas, atau dasar lain apa pun, selain pertimbangan prestasi akademik dan kemampuan serta pengalaman pelamar lainnya yang relevan dengan kriteria yang telah ditetapkan UIII.

Baca juga: Resmi, Kemendikbudristek Ubah SNMPTN-SBMPTN Jadi SNBP-SNBT

Seleksi mahasiswa baru UIII tahun akademik 2022-2023 dilakukan melalui tahapan dan proses yang sangat ketat. Proses seleksi menerapkan pendekatan multi-stage filtering yang dimulai dengan proses seleksi administrasi.

Kemudian proses desk-review secara substantif terhadap dokumen lamaran, dan wawancara langsung (sebagian besar dilakukan secara online) dengan pelamar oleh minimal 2 orang dosen terpilih dari setiap fakultas yang relevan dengan bidang yang dilamar mahasiswa.

Berdasarkan hasil dari proses seleksi tersebut, pada Agustus 2022 kemarin, UIII telah menetapkan sebanyak 148 orang mahasiswa dinyatakan layak dan diterima sebagai mahasiswa UIII untuk tahun akademik 2022- 2023, dengan komposisi sebagai berikut:
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2602 seconds (11.97#12.26)