UIII Mulai Membuka Kuliah S3, Mahasiswanya Diberi Beasiswa Penuh 

Selasa, 27 September 2022 - 09:16 WIB
loading...
UIII Mulai Membuka Kuliah S3, Mahasiswanya Diberi Beasiswa Penuh 
Pembukaan Kuliah S2 dan S3 UIII Tahun Akademik 2022. Foto/UIII.
A A A
JAKARTA - Universitas Islam Internasional Indonesia ( UIII ) memulai perkuliahan S2 (tingkat Magister) dan S3 (tingkat Doktoral) di kampus negeri bertaraf internasional tersebut. Perkuliahan ini secara resmi dibuka Rektor UIII Prof. Dr. Komaruddin Hidayat.

Acara yang bernama “Academic Convocation” ini digelar di Procession Hall, Gedung Rektorat kampus UIII, Senin (26/9/2022) yang menandai hari pertama tahun akademik 2022-2023 dan sekaligus tahun pertama pembukaan program S3 di UIII. Tahun lalu, UIII secara resmi membuka perkuliahan dengan membuka program S2.

Rektor UIII Prof. Dr. Komaruddin Hidayat mengatakan, mayoritas mahasiswa baru UIII dipenuhi oleh mahasiswa program S2 (sebanyak 104 orang), dan selebihnya merupakan mahasiswa S3 (sebanyak 44 orang). Semua mahasiswa ini mendapatkan beasiswa penuh (full scholarship).

Baca juga: Tak Anggap Kuliah sebagai Beban, Alvin Jadi Wisudawan Terbaik ITS dengan IPK 3,96

Terkait dengan pendirian UIII, Komaruddin menjelaskan, Indonesia adalah bangsa Muslim terbesar di Asia Tenggara, dan bangsa Muslim penganut demokrasi terbesar di dunia. Hal ini menjadi modal bagi bangsa Indonesia untuk memberi kontribusi nyata kepada dunia.

“UIII merupakan perguruan tinggi negeri pertama yang sedari awal didesain menjadi kampus bertaraf internasional,” jelasnya, melalui siaran pers, dikutip Selasa (27/9/2022).

Sejak berdirinya UIII beberapa tahun lalu hingga sekarang, UIII terus berupaya membangun kerja sama dan memperluas jaringan dan sinergi dengan para pemangku kepentingan, terutama dengan berbagai pihak di dalam dan luar negeri, baik instansi pemerintah maupun swasta.

“Mungkin tidak banyak lembaga pendidikan lain di Indonesia yang bisa dijadikan contoh untuk membangun proyek sentral seperti ini. UIII ini adalah proyek perintis. Tetapi karena ini bukan proyek instan, mungkin perlu waktu untuk membuatnya menjadi mapan dan berkembang. Juga, dibutuhkan cukup banyak waktu untuk menilai keberhasilan atau kegagalannya di masa depan,” ujarnya.

Kampus UIII tidak hanya dipenuhi mahasiswa dari Indonesia, tetapi juga mahasiswa internasional dari berbagai negara. Tahun 2021 lalu, UIII telah menerima sekitar 100 mahasiswa untuk empat fakultas melalui program beasiswa “full-scholarship.”

Dari jumlah tersebut, mayoritas mahasiswa berasal dari Indonesia dan sebagian lainnya berasal dari berbagai negara. Mahasiswa UIII tahun itu terdiri dari 58 persen laki-laki dan 42 persen perempuan dengan rincian 66 persen warga negara Indonesia dan 34 persen warga negara asing.

Pembukaan Kuliah Doktoral S3 dengan Beasiswa Penuh

Pada Juni 2022, UIII membuka dua fase pendaftaran calon mahasiswa baru untuk program S2 (Magister) dan S3 (Doktoral) melalui program UIII Scholarship. Program ini terbuka untuk calon mahasiswa dari dalam maupun luar negeri.

Selama masa pendaftaran fase pertama dari 15-30 Juni 2022 sampai dengan fase kedua 1-23 Juli 2022, sekitar 1500 orang dari berbagai penjuru dunia telah melamar UIII scholarship ini. UIII bekerjasama dengan berbagai kementerian dan lembaga, serta sejumlah kedutaan besar di Jakarta untuk menyebarkan informasi program beasiswa penuh.

Calon mahasiswa pelamar ini berasal dari berbagai kota dan provinsi di Indonesia dan lebih dari 50 negara, dengan komposisi 65% persen berasal dari Indonesia dan 35% persen dari mancanegara.
Jika dilihat dari jumlah maupun sebaran negara, angka ini memperlihatkan peningkatan ketersebaran informasi dan atensi masyarakat dalam dan luar negeri kepada UIII.

Dengan angka selectivity ratio di bawah 10 persen, UIII di awal kelahirannya telah menunjukkan diri sebagai universitas internasional yang sangat kompetitif.

Dalam proses seleksi, UIII menerapkan kebijakan non-diskriminasi atas dasar ras, agama, etnis, jenis kelamin, disabilitas, atau dasar lain apa pun, selain pertimbangan prestasi akademik dan kemampuan serta pengalaman pelamar lainnya yang relevan dengan kriteria yang telah ditetapkan UIII.

Baca juga: Resmi, Kemendikbudristek Ubah SNMPTN-SBMPTN Jadi SNBP-SNBT

Seleksi mahasiswa baru UIII tahun akademik 2022-2023 dilakukan melalui tahapan dan proses yang sangat ketat. Proses seleksi menerapkan pendekatan multi-stage filtering yang dimulai dengan proses seleksi administrasi.

Kemudian proses desk-review secara substantif terhadap dokumen lamaran, dan wawancara langsung (sebagian besar dilakukan secara online) dengan pelamar oleh minimal 2 orang dosen terpilih dari setiap fakultas yang relevan dengan bidang yang dilamar mahasiswa.

Berdasarkan hasil dari proses seleksi tersebut, pada Agustus 2022 kemarin, UIII telah menetapkan sebanyak 148 orang mahasiswa dinyatakan layak dan diterima sebagai mahasiswa UIII untuk tahun akademik 2022- 2023, dengan komposisi sebagai berikut:

1. 30 orang mahasiswa Program Magister dan 13 orang mahasiswa Program Doktoral Studi Islam Fakultas Studi Islam, total 43 orang mahasiswa;
2. 23 orang mahasiswa Program Magister dan 10 orang mahasiswa Program Doktoral Ilmu Politik Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial, total 33 orang mahasiswa;
3. 33 orang mahasiswa Program Magister dan 11 orang mahasiswa Program Doktoral Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, total 44 orang mahasiswa; dan
4. 18 orang mahasiswa Program Magister dan 10 orang mahasiswa Program Doktoral Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan, total 28 orang mahasiswa.

Dari komposisi gender, mahasiswa baru UIII terdiri atas 36% persen laki-laki dan 64% persen perempuan. Kemudian 65% persen warga negara Indonesia dan 35% persen warga negara asing.

Memulai Sistem Perkuliahan Offline

Perkuliahan di UIII telah dimulai sejak 2021 yang lalu, dan mulai tanggal 26 September 2022 ini, selanjutnya mahasiswa baru akan menjalani proses orientasi selama beberapa hari, hingga akhir September 2021. Tujuan orientasi mahasiswa baru ini adalah untuk membekali mahasiswa dengan informasi yang diperlukan dalam menjalani proses pendidikan di UIII.

Melihat kondisi pandemi Covid-19 yang semakin membaik di Indonesia saat ini, sejak semester kedua tahun akademik 2021-2022 kemarin, UIII telah menerapkan sistem pembelajaran offline. Sebelumnya, UIII merancang sistem dan penjadwalan perkuliahan online yang dapat diikuti dengan baik oleh seluruh mahasiswa yang tersebar di berbagai negara.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1463 seconds (10.101#12.26)