5 Jurusan Sepi Peminat Tapi Punya Prospek Kerja Menjanjikan dan Gaji Tinggi

Kamis, 29 September 2022 - 09:52 WIB
loading...
A A A
Antropologi sosial adalah cabang ilmu antropologi yang mempelajari hubungan antara orang-orang dalam suatu kelompok masyarakat dan budaya suatu etnis, mulai dari perilaku dan keanekaragamannya. Cocok banget buat yang memiliki ketertarikan dalam hubungan antar manusia dan budaya. Jika kalian memilih jurusan ini, maka akan mendapatkan mata kuliah Antropologi Pariwisata, Studi Tubuh Nalar dan Masyarakat, Sejarah Teori Antropologi, Kebudayaan Manusia dan masih banyak lainnya.

Lulusan antropologi sosial dapat bekerja di berbagai bidang dan memiliki prospek kerja yang luas. Namun pada umumnya, lulusan dari jurusan ini berkarir di bidang akademik dan riset. Prospek kerja lulusan antropologi sosial di antaranya adalah peneliti, dosen, wartawan, PNS, manajemen sumber daya manusia, konsultan masyarakat dan masih banyak lagi.

Kalau kamu bekerja menjadi konsultan, gaji yang akan kamu dapatkan per bulannya adalah Rp6jt hingga belasan juta rupiah. Selain konsultan, jika kamu berprofesi sebagai staf penelitian, kamu bisa mendapatkan gaji hingga puluhan juta rupiah, lho.

Baca juga: Mahasiswa Tel-U Ciptakan Touchless Smart Toilet, Mampu Deteksi Kesehatan Sejak Dini

Kalau kamu tertarik dengan jurusan Antropologi Sosial, PTN yang memiliki jurusan ini antara lain adalah Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, dan Universitas Sumatera Utara.

3. Jurusan Ilmu Perpustakaan

Banyak yang bilang kuliah jurusan Ilmu Perpustakaan cuma belajar tentang buku saja dan ujung-ujungnya menjaga perpustakaan. Nyatanya, jurusan Ilmu Perpustakaan tak hanya mempelajari ilmu perpustakaan aja, tetapi juga meliputi bidang arsip dan informasi. Jurusan ini cocok untukmu yang suka bermain dengan data, berkomunikasi dengan manusia, dan berimprovisasi di lembaga informasi. Beberapa mata kuliah yang kamu dapat dalam jurusan Ilmu Perpustakaan diantaranya adalah Administrasi Lembaga Informasi, Pangkalan Data untuk Lembaga Informasi, Sistem Pemberkasan, Sumber dan Jasa Informasi, Administrasi Arsip dan masih banyak lainnya.

Lulus dari jurusan Ilmu Perpustakaan, kamu punya peluang kerja yang luas, karena hampir seluruh instansi membutuhkan tenaga ahli bidang kepustakaan dan kearsipan. Kamu bisa menjadi pustakawan, document controller, sekretaris, indexer, administrasi arsip, pemilik percetakan dan penerbitan buku. Kalau kamu jadi pustakawan yang bekerja untuk lembaga pemerintah, gaji yang akan didapatkan adalah UMR atau sekitar Rp4jt, dan itu belum termasuk tunjangan, ya.

Jurusan Ilmu Perpustakaan di Indonesia sudah tidak jarang, kamu bisa memilih jurusan ini di Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Padjajaran, Universitas Sebelas Maret, Universitas Islam Syarif Hidayatullah, dan UIN di beberapa daerah.

4. Jurusan Astronomi

Jurusan Astronomi termasuk jurusan yang sepi peminatnya, mungkin karena belum banyak yang mengetahui prospek kerja jurusan ini atau banyak yang menganggap terlalu sulit. Jurusan ini cocok buat kamu yang suka mengamati benda langit. Karena, pada jurusan ini kamu akan fokus mempelajari tentang alam semesta dan benda-benda langit. Jurusan ini membutuhkan kemampuan dan minat yang kuat dalam matematika dan fisika.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3855 seconds (0.1#10.140)